Senin, 09 April 2012

Kaineus-Pahlawan Kentauromakhia



Kaineus adalah pahlawan dari suku Lapith yang terkenal. Kaineus pada awalnya adalah seorang perempuan bernama Kaenis yang disukai oleh Poseidon. Kaenis membiarkan tubuhnya dinikmati oleh Poseidon dengan syarat Poseidon mengubahnya menjadi seorang lelaki yang jago bertempur dan kebal terhadap senjata. Kaenis ingin berubah menjadi lelaki supaya tidak mudah diperkosa lagi. Setelah menjadi pria, Kaenis berganti nama menjadi Kaineus.
Dalam Kentauromakhia, Kaineus mengalahkan banyak kentaur sampai akhirnya dia dihantam dengan batu besar dan batang pohon besar oleh para kentaur. Kaineus pun terjatuh menembus bumi sampai dunia bawah dan muncul kembali sebagai seekor burung.

Kentauromakhia
Yaitu peperangan suku Lapith melawan bangsa Kentaur. Awalnya suku Lapith dan Kentaur berasal dari satu ayah yaitu Iksion yang berputrakan Laphithos yang menjadi leluhur bangsa Lapith dan kentauros yang menjadi leluhur bangsa Kentaur. Suatu ketika, Pirithous Raja Lapith mengundang para kentaur untuk menghadiri pesta pernikahannya. Di sana mereka disuguhi dengan minuman anggur yang membuat sifat liar mereka muncul. Ketika Hippodameia, sang mempelai wanita, muncul di depan hadirin, kentaur Eurition melompat dan berusaha memperkosanya. Serentak, para kentaur yang lain mengikuti ulah Eurition. Masing-masing kentaur mencoba memperkosa perempuan yang ada di pesta tersebut. Orang-orang Lapith tidak tinggal diam dan melawan para kentaur. Akibatnya terjadilah pertempuran antara ras kentaur dengan suku Lapith yang berakhir dengan kekalahan para Kentaur

Ilustrated by: Wang'ZW (Do not copy without my permission)

1 komentar: