Rabu, 18 April 2012

Bennu - Phoenix Mesir



Phoenix atau biasa disebut Bennu dalam mitologi Mesir adalah burung legendaris yang keramat merupakan mahkluk mistis berwujud burung api berbulu emas yang hidup abadi di berbagai kebudayaan. Burung Api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan.

Menurut mitos Mesir kuno, Bennu telah menciptakan dirinya dari api yang dibakar di pohon suci di salah satu Bait suci kuil Ra. Versi lain mengatakan bahwa Bennu meledak dari jantung Osiris. Bennu bertumpu pada pilar suci yang dikenal sebagai batu benben. Imam Mesir menunjukkan pilar ini kepada pengunjung, yang menganggap itu tempat paling suci di bumi.



Bennu digambarkan sebagai abu-abu, ungu, biru, atau bangau putih dengan paruh yang panjang dan berbulu dua puncak. Kadang-kadang Bennu digambarkan sebagai wagtail kuning, atau sebagai elang dengan bulu merah dan emas. Dalam kasus-kasus tertentu Bennu digambarkan sebagai seorang laki-laki dengan kepala bangau, mengenakan mumi biru putih atau gaun di bawah mantel panjang yang transparan.

"Akulah burung Bennu, Jiwa dari Ra, pemandu para Dewa ke Tuat (Alam lain)".
Egyptian Book of The Dead

Konon diceritakan dalam mitos tersebut bahwa Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun, ketika burung itu merasa kematiannya sudah dekat (dalam siklus 500 tahun-1461 tahun) Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah tiga hari, dari abunya phoenix baru akan bangkit dari abu untuk memulai hidup baru. Siklus hidup burung Phoenix seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru.

Phoenix menjadi simbol keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, simbol dari kebangkitan tubuh, awal dari sebuah era baru. Phoenix merupakan simbol dari keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati.



nama lain:

* Bennu, burung api dari mitologi Mesir Kuno
* Huma, burung api dari mitologi Persia.
* Simurgh, phoenix versi Persia.
* Phoenix, adaptasi bangsa Yunani Kuno terhadap burung Bennu dari Mesir.
* Zhar-Ptitsa, burung api dari Rusia.
* Fenghuang, burung api dari Cina.
* Suzaku - burung api Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar