Rabu, 18 April 2012

Ankh - Simbol Kehidupan



Ankh adalah salah satu simbol paling terkenal dan banyak dipakai dalam sejarah mesir kuno. Simbol ini banyak ditemukan pada sebuah hieroglyph dan karya seni di seluruh mesir kuno. Banyak sekali perdebatan tentang makna asli dari simbol ini. Sir Alan Gardiner (seorang British Egyptologists), berpendapat kalo Ankh ini adalah sebuah tali sandal bagian dari sendal ini disebut 'nkh, tapi nama ini tidak jelas apakah nama ini diterapkan secara retrospektif karena kesamaan dalam bentuk. Mungkin juga telah dikaitkan dengan "Sa" (simbol hieroglif yang mewakili perlindungan magis) dan juga telah dihubungkan dengan Tjet (juga dikenal sebagai simpul "Isis") yang juga digambarkan sebagai sabuk seremonial. Bagi orang mesir kuno, Ankh merupakan sebuah simbol keabadian. Ini adalah sebuah simbol yang kuat dalam sejarah mesir. simbol ini juga merupakan hieroglyph merujuk pada 'nkh (ankh) berarti "life (kehidupan)" atau "breath of life"





Teori lain mengatakan bahwa Ankh adalah simbol matahari terbit, dengan simpul yang mewakili Matahari terbit di atas cakrawala, yang diwakili oleh palang itu. Bagian bawah palang vertikal maka akan menjadi jalur matahari. Pemandu di mesir sampai saat ini memberitahu wisatawan bahwa lingkaran di atas merupakan organ seksual wanita, sedangkan tunggul di bagian bawah adalah organ seksual laki-laki dan sebuah garis horizontal adalah persatuan anak-anak. Ankh juga dikaitkan dengan kahidupan setelah kematian. Ankh sering dikaitkan dengan sebuah jimat yang berfungsi untuk memohon perlindungan para dewa. Ankh, pada beberapa dinding kuil di Mesir Hulu, juga bisa melambangkan air dalam ritual pemurnian. Di sini, raja akan berdiri di antara dua dewa, salah satunya biasanya Thoth.





Dewa-dewa Mesir kuno sering digambarkan membawa simbol Ankh. Diantaranya adalah Anqet, Ptah, Satet, Sobek, Tefnut, Osiris, Ra, Isis, Hathor, Anubis dan dewa-dewa lainnya juga sering digambarkan memegang tanda Ankh. Hal menarik lainnya, simbol Ankh juga digunakan sebagai bentuk cermin, dalam hal ini cermin digunakan sebagai alat meramal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar