Rabu, 18 April 2012

Antara Anubis dan Wepwawet



Anubis / Yinepu
Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuno dianggap sebagai dewa kematian dengan wujud kepala anjing (serigala) dan badan manusia. Anubis merupakan dewa yang melakukan mummifikasi pada Pharaoh-pharaoh bahkan pada Osiris (Osiris di bunuh oleh Seth), dan dengan demikian membantu mempertahankan bahwa ia bisa hidup. Anubis adalah anak dari Nephthys dan Osiris?, emang osiris selingkuh dari Isis, dengan tipu muslihatnya Nephthys membuat osiris menjadi mabuk dan lalu menyamar menjadi Isis, osiris yang lagi mabuk ga sadar, akhirnya dari hubungan gelap itu terlahir lah Anubis.

Anubis dipuja sebagai penemu pembalseman. Ia mengawasi pembalseman mayat. Ia menerima mumi ke makam dan melakukan Pembukaan Mulut dan kemudian melakukan upacara penyucian jiwa. Menurut mitos Mesir kuno, Anubis membantu Osiris menghakimi jiwa orang mati, yaitu dengan meletakkan hati orang tsb untuk ditimbang dengan sebuah bulu. Jika bulu tersebut lebih berat, maka dia tidak pantas masuk surga. Dewa pembalseman mungkin terkait dengan serigala karena kebiasaan serigala untuk mengintai makam dan kuburan. Salah satu alasan mengapa Mesir awal berusaha untuk membuat kuburan mereka lebih rumit adalah untuk menjaga tubuh aman dari serigala. Wajar saja karena itu dewa mumifikasi akan terhubung dengan mereka. Dengan menyembah Anubis, orang Mesir berharap untuk memohon kepadanya untuk melindungi mereka yang meninggal dari serigala, dan pembusukan alam.



Wepwawet / Upuat
Wepwawet adalah dewa berkepala jackal (sejenis anjing/serigala) di dunia kematian. Karena berkepala jackal, Wepwawet dihubungkan dengan Anubis. Tapi Tidak seperti Anubis, kepala Wepwawet ditampilkan berwarna putih atau abu-abu. Wepwawet bertugas membimbing dan memandu roh orang mati di dunia kematian. Ini sesuai dengan namanya yang bermakna "pembuka jalan." Dia ditampilkan sebagai dewa berkepala jackal/serigala sambil membwa tongkat. Kadang dia ditampilkan sebagai hewan jackal/serigala. Wepwawet juga dianggap sebagai dewa perang dan maksud namanya adalah sebagai "pembuka jalan" bagi pasukan untuk maju ke depan. Sebagai dewa perang, dia digambarkan membawa senjata, seperti misalnya "panah" dan "pemukul."

Selain itu, Wepwawet juga adalah dewa yang menemani Pharaoh dalam berburu. Dalam perannya ini, dia dijuluki sebagai "yang membawa panah yang lebih kuat daripada para dewa." Wepwawet juga pernah diasosiasikan dengan Ra. Dia disebut sebagai Ra yang datang dari horison. Dalam hal ini, dia adalah "pembuka jalan" ke langit. Wepwawet dilahirkan di sanctuary Wadjet. Pada awalnya, Wepwawet adalah dewa serigala. Pusat pemujaannya adalah di Asyut, yang oleh orang Yunani disebut Lykopolis (kota serigala). Tempat pemujaannya yang lain adalah Abydos, Quban, el-Hargarsa, Memphis, dan Sais.

1 komentar: