Rabu, 18 April 2012

Iaret (Uraeus)

Iaret adalah simbol berbentuk ular kobra. Orang Yunani menyebutnya Uraeus/Uraios. Iaret ditampilkan sebagai kobra yang sedang mengangkat kepala dan melebarkan tudung lehernya. Spesies kobra yang digunakan sebagai Iaret adalah Naja haje (kobra Mesir). Ular kobra sendiri merupakan hewan suci di kota Buto.





Iaret (ular kobra) pertama diciptakan oleh Isis dari campuran tanah dan air ludah Ra. Dengan Iaret ini pulalah Isis berhasil merebut kekuasaan dari Ra. Iaret merupakan simbol dari banyak hal, antara lain: matahari, Mesir Hilir, raja, dan juga sejumlah dewa. Tapi yang paling terkenal adalah bahwa Iaret adalah simbol Wadjet, dewi Mesir yang berwujud kobra.


Iaret sering ditampilkan bersama Nekhebet (burung nazar yang melambangkan Mesir Hulu). Penggabungan dua hewan ini menyimbolkan penyatuan Mesir Hilir dan Mesir Hulu.

Iaret juga disebut "mata berapi" Ra. Dan Iaret sering muncul pada cakram matahari.
Iaret yang disepuh emas, disebut netjer-ankh ("dewa hidup"), ditemukan di makam Tutankhamon. Itu mewakili kaitan kobra dengan dunia kematian. Ada juga kobra yang digambarkan menyemburkan api dan menjaga tiap gerbang di dunia kematian, dan menunjukkan peran kobra sebagai pelindung.



Iaret merupakan unsur penting bagi Pharaoh karena seorang Pharaoh baru diakui setelah memakai Iaret. Iaret dipercaya melindungi firaun dengan cara menyemburkan api pada musuh-musuh Pharaoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar