Kamis, 28 Juni 2012

Hua Bi 画皮


Suatu malam seorang pelajar bertemu seorang gadis yang sdang menangis. Si Pelajar menanyai gadis itu. Gadis itu bercerita kalu dia berasal dari provinsi sebelah, sedang melakukan perjalanan mencari keluarganya, sampai dikota ini dia tersesat dan dirampok. Tak ada uang membuat dia bersedih. Karena kasihan dan tergiur kecantikan sang gadis, oleh pelajar tersebut dibawa kerumahnya untuk tinggal disana. Karena terpesona oleh kecantikan gadis itu, si pelajar lupa segalanya, hingga lupa belajar.

Suatu hari, ketika akan membeli arak si pelajar bertemu dengan seorang pendeta Tao. Pendeta itu berkata bahwa dia mencium bau hantu disekujur tubuh pelajar itu dan mengatakan bahwa ada hantu dirumah pelajar itu. Tentu saja si pelajar tak percaya, Sang pendeta berkata "Betapa bodohnya manusia di dunia ini! Seseorang yang jelas-jelas siluman tapi semua orang mengatakan bahwa ia cantik". Sang pendeta kemudian menyuruhnya untuk mengintip kamar si gadis pada waktu malam. Malamnya si pelajar mengintip kamar gadis itu. Betapa terkejutnya ketika dia melihat sesosok hantu jelek yang menyeramkan sedang mengecat kulit kosong yang tampaknya kulit gadis itu. Tampaknya sang gadis adalah hantu itu.
Sang pelajar kemudian meminta tolong pendeta tersebut. Oleh sang pendeta, si pelajar diberi kebutan untuk digantung dikamarnya. malamnya tiba2 hantu itu masuk ingin membunuh pelajar, untung pendeta segera datang dan menolongnya. hantu itu kemudian dikurung oleh sang pendeta.

Hua Pi 画皮 adalah salah satu cerita pendek dalam Kisah Aneh Liaozhai karya Pu Songling. Hua Pi sendiri dalam bahasa Indonesia dapat diartikan per huruf sebagai kulit yang dilukis tapi dapat juga berarti kedok dari orang jahat jika kedua huruf disambung. Isinya menceritakan tentang seorang pelajar yang jatuh cinta kepada seorang gadis. Setelah beberapa lama baru mengetahui bahwa gadis itu adalah sebenarnya siluman yang menggunakan kulit manusia yang ia lukis dan dipakai layaknya pakaian pada manusia.

Reteller by: Wang'ZW

1 komentar: