Minggu, 10 Juni 2012

Elixir keabadian dari Alkemi China



Namanya Chang Sheng Bu Lao You (Harafiah : Obat panjang umur yang tidak menambah tua), lebih dikenal dengan sebutan Jin Dan (Pil Emas) karena berwarna emas, konon menurut sejarah dibuat dengan campuran merkuri, arsenik, dan bahan2 kimia lain. Campuran yang dihasilkan menjadi berwarna emas.



Jin Dan ini dibuat oleh para alkemi2 China Kuno, barang siapa memakan pil ini akan menjadi seorang immortal, awet muda dan tak akan mati hidup selamanya.
Bodohnya, orang2 yang memakannya langsung mati, karena mengandung maerkuri dan arsenik yang jelas2 beracun. Ketika dibakar, api pembakaran langsung berwarna hijauyang berasal dari merkurinya...Tapi menurut legenda, setelah mati, orang yang meminumnya bangkit lagi menjadi seorang immortal...

Menurut catatan dari Shan Hai Jing, ada 2 gunung yang dikenal sebagai tempat tinggal para Xian/Shian(immortal, namun sayangnya di Indonesia istilah ini salah kaprah menjadi dewa). Yaitu gunung Kun Lun dan gunung yang mengapung, pulau Peng Lai...Konon banyak kaisar yang mengutus ratusan orang mencari pulau Peng Lai yang konon berada di laut timur. Tercatat 2 kaisar yaitu Qin Shi Huang Di dari dinasti QIn dan Han Wu Di dari dinasti Han mengirimkan utusan menyeberang lautan kepulau PengLai mencari pil ini. Namun hasilnya sia2 karena tak satupun dari mereka yang kembali.

Ada satu kisah yang terkenal: Xu Fu (徐福) dilahirkan pada tahun 255 SM, dia adalah seorang shaman/pendeta/alkemis yang mengabdi pada kaisar Qin Shi Huang Di dari dinasti Qin di China. Dia diperintahkan untuk mencari elixir keabadian. Dia melakukan perjalanan 2 kali mencari elixir tersebut yang konon berada dipulau PengLai. Dia meminta tumbal berupa ratusan pasang anak2 muda yaitu 3000 anak laki2 dan anak perempuan, mereka berlayar dengan 60 kapal menuju pulau Penglai ditimur. Setelah itu mereka tidak pernah kembali. menurut legenda, Xu Fu tidak berhasil mendapatkan elixir keabadian, setelah mengarungi lautan selama bertahun2 mereka malah nyasar kesebuah negeri. Karena tidak berani pulang, maka Xu Fu dan anak2 muda tinggal dan hidup dinegeri yang baru tersebut, keturunan Xu Fu menganggap Xu Fu sebagai seorang dewa yaitu dewa gunung yang mengurusi hasil panen. Negeri itu kini bernama Jepang.

Para Immortal yang terkenal kini disebut 8 Immortal (8 Xian/Pat Shian-Indonesia delapan dewa) mereka bukan dewa, tetapi hanya orang biasa yang beberapa diantaranya memakan Jin Dan sehingga mereka menjadi abadi. Mereka dihormati karena selalu turun gunung dari pertapaan mereka dan membantu umat manusia. Mereka adalah:

Zhong Li Quan-
Seorang alkemis yang mempelajari alkemi China. menggunakan ilmu alkemi membantu manusia
Lii Tong Bin-
Murid Zhong Li Quan. Lii Tong Bin menjadi pertapa sewaktu berusia 60 tahun, suatu hari dia diuji oleh Zhong Li Quan. Sewaktu turun gunung dia bertemu seorang alkemis gila yang menawari orang2 lewat pil jin dan, alkemis itu berkata bahwa ini adalah obat dewa, barang siapa yang memakannya akan langsung mati, tapi setelah itu dia akan hidup lagi menjadi seorang immortal. guru Lii memakan pil itu dan kemudian menjadi seorang Xian.
Li Tie Kui-
Alkemis
Zhao Guo Qiu-
?
Han Xiang Zi-
?
He Xian Gu-
Menjadi Dewi setelah menelan mika, salah satu campuran pembuat jindan
Lan Chai He-
sama seperti He Xian Gu
Zhang Gu Lao-
?

Selain membuat Jindan/Chang Sheng Bu Lao You, para alkemis juga mempelajari alkemis untuk membantu manusia. Seperti alkemis barat, alkemi berarti mengubah suatu zat menjadi zat yang baru. Di alkemi China para alkemi juga belajar mengubah batu menjadi emas. emas batu itu nantinya akan dibagi2kan kependuduk desa seperti yang dilakukan oleh Zhong Li Quan. Ada suatu kisah, suatu saat Lii Tong Bin akan diajarkan ilmu alkemi oleh Zhong Li Quan.
Guru Lii bertanya,
"apakah batu yang telah berubah menjadi emas nantinya akan tetap menjadi emas?"
Guru Zhang menjawab,
"sesuatu zat tidak akan bertahan lama, emas itu akan menjadi batu lagi setelah 500 tahun."
Lalu guru Lii berkata lagi,
"kalau begitu saya tidak akan mempelajari ilmu itu, karena hal itu akan menyusahkan orang2 di 500 tahun mendatang."

by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar