Kamis, 28 Juni 2012

Trivikrama


Seorang raja yang bernama Bali mengundang semua orang untuk datang keistananya. Dia akan memberikan hadiah2 kepada semua orang yang datang. Oleh para brahmana, dia dinasehati agar tidak membeikan hadiah apapun kepada seorang brahmana yang bertubuh cebol.



Karena kesombongannya, ketika Vamana, brahmana cebol itu datang, Bali menyuruh Vamana meminta hadiah apapun. Sang raja tertawa mengejek ketika Vamana hanya meminta 3 jengkal tanah. Kemudian Vaman melangkah untuk mengukur tanah. Namun, ketika langkah pertama, Vamana telah berubah menjadi raksasa tinggi besar, seluruh kakinya menutupi tanah dibumi, langkah keduanya menutupi langit. Ketika akan melangkah untuk langkah ketiganya, Raja Bali melihat tak ada apapun lagi untuk diinjak, maka dia membiarkan kepalanya diinjak oleh vamana. Terkesan ketulusan Bali, Vamana yang ternyata adalah avatar Vishnu berjanji akan mengangkat Bali sebagai Indra kelak.

Dalam cerita pewayangan, Triwikrama adalah suatu kemampuan mengubah diri menjadi seorang raksasa yang berbadan tinggi besar. Dalam lakon Kresna Duta, Krishna yang marah atas hinaan para kurawa mengubah dirinya menjadi raksasa dan mengacak2 alun2 keraton. Harjunasasrabahu, juga memiliki kemampuan ini, wujudnya adalah raksasa dengan seribu tangan. Kemudian ada Yudhistira, raja Amarta yang bijaksana apabila marah, dia mengusap dadanya(didalam dadanya tersimpan kalung pusaka) dan berubah wujud menjadi raksasa yang berwarna putih bersih, yang konon adalah penjelmaan dari Kumbakarna.

Reteller by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar