Rabu, 13 Juni 2012

Shield Maiden



Shield Maiden (harafiah: Gadis/perawan yang memakai perisai) adalah para pejuang wanita dalam kisah rakyat maupun dalam mitologi Skandinavia. Konon para Valkyrie didasarkan dari para shield maiden. Bangsa nordik terkenal dengan keberaniannya dalam bertarung, demikian pula para wanitanya, tak jarang mereka ikut para pria untuk berperang. Kisah2 kepahlawanan para shield maiden sering diceritakan dalam saga seperti Hervarar Saga danGesta Danorum.



Sejarawan Bizantium Johannes Skylitzes mencatat setelah kemenangan Bizantium paska penyerangan oleh Sviatoslav I dari Kiev, mereka tercengang karena menemukan mayat2 perempuan Nordik yang memakai baju perang dan bersenjata lengkap diantara para mayat para prajurit yang gugur. Tampaknya pada masa itu tabu bagi bangsa eropa selatan mengijinkan para wanita ikut pergi berperang.



Dalam budaya modern, Eowyn dari kisah the Lord of The Rings adalah seorang Shield maiden. Dalam pertempuran di Pelennor Field, dia membunuh Witch King meskipun dia terluka parah setelahnya.

by: Wang'ZW

1 komentar: