Kamis, 28 Juni 2012

4 makhluk suci 四象


Menurut ilmu astronomi China, dunia dibagi menjadi 5 bagian, utara, timur, selatan, barat dan tengah. Demikian juga dengan langit, dibagi menjadi 5 bagian gugusan konstelasi bintang2. Utara adalah Xuan Wu, Timur adalah Chang Long, selatan Zhu Que, barat Bai Hu dan tengah adalah Huang Long (naga kuning).
Disini kita hanya akan membahas 4 konstelasi saja.

Total konstalasi bintang2 dilangit berjumlah 28 konstelasi. Dinamakan sebagai Er Shi Ba Xiu (二十八宿), dibagi menjadi 4 arah, utara, selatan, timur dan barat menjadi 7 buah konstalsai bintang dimasing2 arah.


Zhu Que 朱雀, berarti burung merah. Selama ini telah salah disangka sebagai phoenix/feng huang, padahal mereka sangat berbeda jauh. Kisah Zhu Que jarang diceritakan, walaupun di buku Shan Hai Jing pernah menyebut mereka. Menurut buku itu, Zhu Que adalah burung yang berwarna merah sebesar angsa, mereka bertugas sebagai pembawa pesan langit kepada para orang suci. Raja Wen Wang dari Zhou pernah didatangi burung ini yang membawa pesan dari langit. Konstelasi Zhu Que terdiri dari 井 (Jǐng/sumur), 鬼 (Guǐ/setan), 柳 (Liǔ/willow), 星 (Xīng/bintang), 張 (Zhāng/jala), 翼 (Yì/sayap), 軫 (Zhěn/kereta).

Baihu 白虎
, berarti harimau putih. Konon harimau yang sudah berusia lanjut dan semakin sakti, seluruh bulunya akan berubah menjadi putih. Harimau sangat dihormati di China, pada masa kuno, dia dihormati sebagai dewa angin (Feng Bo), raungannya mendatangkan angin dan membuat bumi bergetar. Dia juga dihormati sebagai raja gunung dan hutan, makanan kesukaanya adalah para setan, maka sekarang banyak orang memasang gambar macan yang menggigit pedang di cermin yang diletakkan di pintu untuk mengusir hawa negatif. Selain itu, bersama2 Chang Long, Bai Hu dihormati sebagai dewa penjaga. Itu sebabnya di depan kuil terdapat gambar naga dan harimau. Konon Baihu pernah turun kedunia sebagai jenderal pada masa dinasti tang, dia adalah Xeu Ren Gui (Sie Jin Kui) yang membantu kaisar berperang melawan kerajaan Silla (korea) dan kerajaan Turk dibarat. Lawan tandingnya adalah Gai So Bun, jenderal dari Silla yang merupakan titisan dari Chang Long. Konstelasi Zhu Que terdiri dari 奎 (Kuí/kaki), 婁 (Lóu/ikatan), 胃 (Wèi/perut), 昴 (Mǎo/bulu), 畢 (Bì/jala), 觜 (Zī/paruh kura2), 參 (Shēn/bintang tiga)

Chang Long/Qing Long青龍
, berarti naga biru. Naga sangat dihormati oleh orang China. Leluhur orang China kuno adalah para naga, oleh sebabnya ada istilah Long De Chuan Ren (garis keturunan para naga). Chang Long merupakan lawan tanding dari Bai Hu. Naga dan harimau bertarung berarti 2 orang yang saling bertarung, keduanya sama kuat tidak ada yang menang, tidak ada yang kalah. Menurut tradisi sangat baik bila disebuah keluarga ada yang bershio naga dan harimau, walau mereka akan sering ribut, tapi akan membawa keberuntungan bagi keluarga itu. Konstelasi Zhu Que terdiri dari 角 (Jiăo/tanduk), 亢 (Kàng/leher), 氐 (Dĭ/akar), 房 (Fáng/kamar), 心 (Xīn/hati), 尾 (Wěi/ekor), 箕 (Jī/nampan)

Xuan Wu 玄武, berati ksatria hitam. Pemimpin dari 4 makhluk suci. Berwujud kura2 hitam yang dililit ular langit. Dipuja umat Taois sebagai Xuan Wu Da Di (paduka Xuan Wu) yang merupakan penjelmaan dari Bei Ji Da Di (paduka kaisar langit utara). Telah turun beberapa kali sebagai manusia. Penjelmaan terakhirnya bertapa di gunung Wu Dang (Butong Shan). Kisahnya dicatat di Bei Yu i (Pak Yu Ki/ Kisah perjalanan keutara). Selama bertahun2 bertapa tanpa makan, akhirnya dia tidak tahan. Dia merobek perutnya dan mengambil lambung dan ususnya kemudian membuangnya. Setelah dia menjadi Xuan Wu Da Di, usus dan lambung menjadi siluman ular dan kura2, memangsa kmanusia. Xuan Wu da Di kemudian turun untuk menaklukan mereka. Setelah diinjak, barulah ular dan kura2 menyerah dan kemudian menjadi pengawal Xuan Wu da Di. Kura2 tidak bisa melupakan rasanya memakan manusia, sehingga oleh ular, badan kura2 dililit agar segala yang dimakan kura2 akan keluar lagi. Kura2 dan ular merupakan lambang dari Tai Ji Yin Yang. Kura2 yang lamban dan berat adalah Yin. Ular yang lincah dan ringan adalah Yang. Ketika Xuan Wu da Di membuang usus dan lambungnya, dia telah meninggalkan yin yang, yang berarti dia telah meninggalkan duniawi. Konstelasi Xuan Wu terdiri dari 斗 (Dǒu/gantang/southern dipper), 牛 (Niú/sapi), 女 (Nǚ/perempuan), 虛 (Xū/kekosongan), 危 (Wēi/atap), 室 (Shì/kemah), 壁 (Bì/tembok).

Reteller by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar