Senin, 09 Juli 2012

Chan Chu 蟾蜍 Kodok pemanggil Harta




Chan Chu 蟾蜍 adalah kodok berkaki tiga yang sering dipajang ditoko2. Biasanya digambarkan sebagai kodok kaki tiga yang sedang menggigit uang dan asik nongkrong diatas tumpukan uang dan emas. Chan Chu dianggap sebagi pemanggil harta menurut ilmu Feng Shui.



Sebenarnya agak aneh, kenapa kodok bisa menjadi sosok yang dipakai sebagai pemanggil keberuntungan seperti kucing maneki neko (Zhao Cai Jin Bao)? Padahal, kodok bersama2 kalajengking, ular, kelabang dan laba dikenal sebagai 5 racun wu du 五毒 yang biasa dijauhi. Oleh para dukun 5 hewan ini biasa dipakai untuk bahan pembuat ramuan guna2, walaupun oleh beberapa orang, 5 hewan ini disukai sebagai tonik untuk arak...


Menurut mitologi China kuno, asal asul Chan Chu seperti ini; Chang E, seorang dewi yang kecewa kepada suaminya, Hou Yi, mencuri pil keabadian milik Hou Yi. Setelah menelannya dia terbang hingga kebulan. Disana dia memuntahkan seekor kelinci kumala, sedang dia sendiri berubah menjadi kodok berkaki tiga sebagai hukumannya karena mencuri. Wujud Chan Chu pun kini bisa kita lihat dipermukaan bulan, walau banyak yang mengatakan lebih mirip kelinci. Maka simbol bulan selain kelinci adalah Chan Chu ini. Gerhana bulan terjadi ketika Chan Chu menelan bulan.


Karena Chan Chu yang merupakan penjelmaan dari Chang E telah menelan pil keabadian, maka Chan Chu berusia sangat panjang, dan dianggap sebagai lambang alkemi China.
Liu hai Chan 劉海蟾 yang nantinya dikenal sebagai pertapa katak 海蟾子 menemukan chan chu yang sedang berada didalam sumur tua. Liu hai Chan berpikir, bagaimana mungkin seekor kodok bisa hidup tanpa amakn dan minum? kemudian dia memancing kodok itu dengan koin2 yang dirangkai dengan sebuah benang. Kemudian oleh Chan Chu, koin2 itu ditangkap dengan mulutnya, segera Chan hu ditarik keluar oleh Liu Hai Chan. Kemudian Liu Hai Chan membawa kodok itu bersamanya dan dengan seksama memperhatikan chan chu itu, mempelajari bagaimana bisa seekor kodok masih bisa hidup didalam sumur kering yang tidak ada makanan. Dia kemudian mengembangkan ilmu alkemi berdasarkan Chan Chu. Setelah berhasil dan menjadi seorang immortal, Liu hai chan dijuluki sebagai Hai Chan Zi 海蟾子.


Kini selain patung Chan Chu, gambar Hai Chan Zi yang sedang asik memancing Chan Chu juga dianggap membawa berkah. Cuman gak tau kenapa, disini Hai Chan Zi sering digambarkan sebagai seorang anak kecil...mungkin sebagai lambang karena dia berhasil menguasai ilmu alkemi hingga menjadi immortal

Reteller by: Wang'ZW

2 komentar: