Minggu, 22 Juli 2012

Pi Shan Jiu Mu 劈山救母 (membelah gunung menyelamatkan ibu)

Pi Shan Jiu Mu 劈山救母 (membelah gunung menyelamatkan ibu)
Adalah sebuah cerita rakyat klasik dari China. Mengisahkan perjuangan seorang anak menyelamatkan ibunya dengan melawan para dewa.




Hua Shan Sheng Mu, dewi gunung mencintai seorang pemuda manusia, mereka kemudian menikah dan melahirkan anak setengah dewa yang diberi nama Chen Xiang. Kakak Hua Shan Sheng Mu, Er Lang Shen tidak merestui hubungan mereka, namun dia tidak bisa berbuat banyak karena Hua Shan Sheng Mu memiliki bao bei (pusaka) berupa lentera teratai yang melindunginya. Er Lang Shen kemudian memerintahkan anjingnya untuk mencuri lentera teratai itu. Setelah berhasil mengambil lentera teratai itu, Er Lang Shen menangkap dan mengurung Hua Shan Sheng Mu di gunung Hua. Chen Xiang oleh Er Lang Shen bibawa ke surga halimun tempat tinggal para dewa. Chen Xiang kemudian melarikan diri setelah berhasil merebut lentera teratai yang diambil oleh Er Lang Shen dari tangan ibunya. Dengan lentera itu, Chen Xiang melarikan diri dari kejaran Er Lang Shen dan para tentara langit.


Di bumi, Chen Xiang belajar ilmu kedewaan kepada seorang pertapa. Dengan teman2nya, dia melakukan berbagai macam petualangan2. Setelah ilmunya cukup, dia diberi sebuah bao bei yaitu sebuah kapak raksasa. Konon kapak ini juga pernah dipakai oleh Yang Jian (Er lang Shen) untuk menyelamatkan ibunya di gunung Tao Hua. Chen Xiang berangkat menuju gunung Hua, disana dia dihadang oleh Er Lang Shen dan para tentara langit. Dengan bantuan lentera teratai, dia berhasil mengalahkan mereka. Kemudian Chen Xiang melompat tinggi dan menghantamkan kapaknya kearah gunung HUa. Gunung itu terbelah menjadi dua (yang bekasnya masih bisa kita lihat hingga sekarang), Chen Xiang dan ibunya bersatu lagi.


Kisah masa kecil Yang Jian juga hampir sama dengan kisah Chen Xiang, selain itu kisah Bai Su Zhen. Putra Bai Su Zhen setelah mengetahui jati diri ibunya, menggali sekitar pagoda Lei Feng untuk meruntuhkannya. Gagal, kemudian dia mengikuti ujian ibukota. Setelah lulus dan menjadi pejabat, dia memerintahkan agar pagoda itu dihancurkan agar ibunya bisa keluar dai pagoda itu.


Kisah Pi Shan Jiu Mu ini telah banyak diangkat dalam berbagai macam media seperti opera rakyat, hingga versi televisi. Kisah Chen Xiang telah diangkat dalam sebuah film animasi maupun film silat yang berjudul Bao Lian Deng 宝莲灯 (pusaka lentera teratai)/Lotus Lantern


Reteller : Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar