Senin, 09 Juli 2012

San Shi 三尸 Roh cacing didalam tubuh manusia


Menurut kisah2 dari Taoisme, San Shi 三尸 adalah 3 ekor roh yang mirip cacing yang tinggal didalam perut manusia. Mereka tinggal di 3 bagian tubuh, yaitu:



Qing qu 青古/Peng Ju 彭琚 bagian tantian atas yang mengawasi pikiran.
Bai gu 白姑/Peng Zhi 彭瓚 bagian tantian tengah yang mengawasi ucapan dan tindakan.
Xue shi 血尸/Peng Jiao 彭矯 bagian tantian bawah yang mengawasi nafsu.


Konon, mereka mencatat segala perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia tanpa peduli, kemudian catatan itu mereka serahkan kepada dewa dapur yang nantinya akan dilaporkan ke langit sebelum tahun baru. Manusia yang kejahatannya telah tercatat dan telah dilaporkan, umurnya akan dikurangi mulai dari 3 hari sampai 3 tahun. Selain itu, mereka seperti parasit yang tinggal didalam tubuh manusia, mereka menggerogoti jasmani manusia, sehingga menyebabkan berbagai penyakit seperti atas - kebutaan, tuli tengah - asma, jantung maupun gelisah bawah - liver, maag, rematik, dll.


Maka untuk menghindari ketiga makhluk Kaum Taoist mempunyai trik khusus, yaitu Bi Gu 辟穀 yaitu diet untuk menghindari 5 jenis biji2an/Wu Gu 五谷 (padi, ketan, polong, gandum dan jelai). Sebagai gantinya mereka memakan sayur, buah, kacang2an, teh, obat herbal maupun daging (biasanya hanya ayam). San Shi yang tak mendapatkan makanan pokok mereka yaitu 5 biji akan mati kelaparan.

Reteller by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar