Kamis, 28 Juni 2012

San Huang Wu Di


San Huang Wu Di三皇五帝/Three Sovereigns and Five Emperors (3 penguasa dan lima kaisar)
Sebelum ditemukannya tulisan dan pencatatan sejarah oleh ahli sejarah pada dinasti Xia-Shang, terdapat suatu masa dongeng yang diyakini dipimpin oleh para raja2 dan kaisar2 kuno yang mendapat titah langsung dari langit untuk membimbing orang Hua Xia (China kuno).


Karena banyaknya versi, maka ada beberapa nama raja2 dan kaisar2 ini.

San Huang 三皇
-Fu Xi 伏羲
Merupakan raja pertama(patriakh) kaum Hua Xia. Konon merupakan putra dewa petir. Membantu masyarakat mencari ikan dengan membuat jala, berburu, bermain musik dan mengenalkan shamanisme pertama kali. Suatu saat dia melihat Long Ma (kuda naga) keluar dari sungaio. dipunggungnya terdapat tanda2 agung, itu kitab wahyu pertama bangsa china, I-Ching yang konon ditemukan oleh FuXi.

-Nii Wa/Nii Gua 女娲
Ada versi yang mengatakan dia adalah istri Fu Xi. Karena masyarakat Hua Xia bersifat matrilineal (menarik garis keturunan dari bu) maka Nii Wa adalah raja mereka. Tak banyak diketahui tentang Nii Wa. Kelihatannya Nii Gua berbeda dengan Nii Wa, dewi yang menciptakan manusia.

-Sui Ren 遂人
Raja yang mengajarkan rakyat memakai api. Konon dia melihat pohon yang terbakar karena tersambar petir, kemudian dia menggunakan apinya sebagai penerangan dan untuk memasak daging buruan. Selain itu dia yang pertama menemukan cara membuat api, yaitu dengan menggosok kayu.

-Shen Nong/Yan Di(kaisar api) 神农
Raja yang mengajarkan cara bercocok tanam. Dia menemukan tanaman padi dan teh. Dikenal juga sebagai dewa obat. Orang yang pertama kalinya memakai kerbau dan sapi untuk membajak sawah. Untuk itu dia menganjurkan agar masyarakat untuk tidak memakan daging kerbau/sapi.

-Zhu ong (dewa api) 祝融

-Gong Gong (dewa air) 共工

2 raja diatas muncul dikisah penciptaan dunia, mereka yang memang tidak cocok suatu saat bertengkar dan berkelahi, yang menyebabkan pilar2 langit yang menahan langit runtuh. Untung Nii Wa segera turun tangan.

Wu Di 五帝

-Huang Di(kaisar kuning) 黄帝
Nama mudanya adalah Xiong(beruang). Kaisar yang pertama kalinya menyatukan suku2 Hua Xia disekitar sungai kuning untuk berperang melawan Chi You/Hei Di (Kaisar hitam). Setelah menang, dia diangkat sebagai kaisar dengan naga sebagai totemnya. Dia menemukan kereta kompas, panah, periuk(alat2 masak, bubur ditemukan oleh Huang Di, maka dia dianggap sebagai dewa dapur). Menterinya, Cang Jie yang bermata 4 menciptakan tulisan model jia gu wen (oracle bones).Istri2nya berjasa dalam hal rumah tangga. Lei Zu menemukan cara beternak ulat sutra dan menjadikannya baju. Istri yang lain berjasa mengembangkan teknik memasak agar rakyat tidak mudah sakit.

-Zhuan Xu 颛 顼

-Di Ku 帝 喾

Zhua Xu & Di Ku adalah keturunan Huang Di, mereka kurang dikenal. Mungkin karena mereka hanya meneruskan tahta Huang Di.

-Yao 尧
Kaisar paling bijaksana. Ketimbang tinggal di istana dia memilih tinggal digubug, bajunya bukan dari sutra dan amat sederhana. Dia penemu Wei Qi(igo) yang konon digunakan untuk melatih putranya. Pada akhirnya dia tidak memberikan tahtanya kepada putranya melainkan kepada Shun, menterinya yang dipandang bijaksana.

-Shun 舜
Penerus Yao, dia bukan dari golongan bangsawan, melainkan hanya orang miskin. Melihat kepandaiannya oleh Yao, dia diangkat sebagai menteri. Sangat pandai bermain musik. Bahkan seekor Feng Huang turun kehadapannya yang sedang bermain musik dan menari2 dengan indahnya. Shun juga mengikuti Yao, menyerahkan tahtanya kepada Yu.

-Yu Yang Agung 大禹
Ayah Yu adalah menteri Shun dibidang DPU yang bertugas menanggulangi banjir sungai kuning. Karena gagal, dia bunuh diri. dari dalam tubuhnya keluarlah Yu yang nantinya akan menghentikan banjir. Yu, dengan sekopnya membawa pria2 kuat membuat bendungan. Semua itu dia kerjakan selama bertahun2 tanpa kenal lelah dan tak pernah pulang rumah. Akhirnya bendunganya selesai dan menjadi air terjun(yang kemudian menjadi legenda ikan tambera menjadi naga). Setelah Shun meninggal, tahta diserahkan kepada Yu. Kemudian menteri dan rakyat membujuk Yu untuk mendirikan sebuah kekaisaran. Setelah meninggal, Putra Yu diangkat sebagai kaisar pertama. Dia mendirikan diansti Xia, dinasti pertama di China.

Dinasti Xia memiliki 17 orang kaisar sebelum diruntuhkan oleh dinastiShang yang dipimpin oleh Chen Tang. Setelah itu dimulialah masa sejarah bangsa China kuno...

Reteller by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar