Kamis, 31 Mei 2012

Mitologi Norse - Komplit

Bangsa Skandinavia sesungguhnya merupakan kumpulan bangsa-bangsa yang mendiami daerah Eropa bagian utara. Mereka terdiri dari bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, dan juga sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia. Bangsa Skandinavia sering disebut juga Norseman, atau Northman yang berarti orang utara. Orang Skandinavia yang paling dikenal, kemungkinan adalah orang-orang Viking, para petualang dan bajak laut dari Norwegia.

Penjelajahan kelompok Viking ini ke berbagai daerah Eropa Utara dan sekitarnya, ada kemungkinan sebagai penyebab berkembangnya mitos dan cerita legenda mereka. Seperti bangsa-bangsa besar lainnya seperti Yunani, bangsa Skandinavia juga memiliki kepercayaan sendiri tentang dewa-dewa yang melindungi mereka dan bagaimana dunia ini diciptakan oleh mereka.

Akan tetapi jarang sekali mitos mereka dikenal luas oleh bangsa-bangsa lain, berbeda dengan mitos bangsa Yunani yang lebih populer. Padahal jika kita mencermati kisah mitologi mereka ada beberapa fakta yang sangat mirip anatara kisah dewa-dewa di dunia ini, baik itu Yunani atau Skandinavia.



Sesuai dengan sejarahnya orang-orang jaman dahulu banyak yang menganut Paganisme, aliran kepercayaan yang memuja dewa-dewa alam. Para dewa ini dianggap sebagai pencipta alam semesta dan manusia. Demikian juga yang terjadi dengan bangsa-bangsa di Eropa Utara ini.
Tetapi karena campur tangan para sejarawan Kristen di abad pertengahan mengakibatkan banyaknya perubahan dan terhadap kebudayaan, dan cara pemujaan mereka. Harap diingat jaman dahulu kepercayan Pagan umumnya melibatkan persembahan berupa makhluk hidup, bahkan manusia. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan kebudayaan agama modern. Sebagai akibatnya banyak juga mitologi dan legenda mereka yang hilang dan tidak tercatat. Atau beberapa tidak dapat dipastikan lagi keasliannya karena tidak adanya dukungan fakta.

Untuk mempertahankan kepercayaan ini kemudian banyak informasi mengenai mitos Skandinavia yang disimpan didalam literatur-literatur kuno yang disebut Eddas, biasanya dalam bentuk prosa dan puisi, selain itu berkembang juga dalam bentuk dongeng turun temurun.

Karena mitologi ini banyak bermunculan di berbagai belahan Eropa Utara, maka lazimnya ada berbagai macam versi. Ini biasanya terjadi karena mitos tersebut disesuaikan dengan daerah yang bersangkutan. Begitu juga dengan nama-nama para dewa dan peranan mereka, serta kejadian-kejadian penting, seperti Odin dikenal juga dengan nama Wotan di Jerman, atau Woden di Inggris.

•Penciptaan Alam Semesta Dan Isinya•

Alam semesta dan semua isinya menurut mitologi Skandinavia tercipta dengan cara yang unik. Dikatakan pada suatu waktu di dunia ini hanya ada 3 dunia yaitu, sebuah jurang besar (abyss), yang disebut Ginnungagap. Lalu di bagian utara dari tempat ini terdapat sebuah daerah yang selalu dingin, gelap dan membeku yang disebut Nifleheim. Kabut es selalu muncul dari dalam sumur Hvergelmer, dan membentuk aliran air yang mengaliri sebelas sungai yang bermuara ke Ginnungagap.

Nifleheim sendiri sebuah tempat yang nantinya menjadi dunia orang mati, setiap orang/dewa sekalipun yang telah masuk kemari tidak akan bisa keluar lagi. Bahkan Nifleheim juga masih akan selamat dari kehancuran Ragnarok nantinya.
Dari sisi selatan Ginnungagap, terdapat Muspellheim sebuah daerah yang keadaannya panas membara, percikan api dan aliran lahar. Lahar panas dari Muspellheim juga mengalir menuju Ginnungagap. Pertemuan dari dua iklim yang saling bertentangan ini menghasilkan dua divine being pertama.

Yang pertama seekor sapi yang bernama Audhumbla, dan yang kedua seorang raksasa yang bernama Ymir. Ymir mendapatkan makanan dari susu Audhumbla, sedangkan sapi ini mendapat makan dari bongkahan es yang menempel di bebatuan. Hingga pada suatu saat kedua makhluk ini melahirkan makhluk-makhluk lainnya.

Dari bongkahan es yang dijilat oleh Audhumbla lambat laun terbentuk wujud manusia. Manusia ini disebut Buri, yaitu nenek moyang para dewa yang suatu saat akan memiliki keturunan yang terkenal yaitu Odin, Vili, dan Ve.

Di lain pihak Ymir juga melahirkan makhluk lain dari bagian-bagian tubuhnya, yaitu sepasang raksasa es dan monster berkepala 3, terkadang ada juga yang mengatakan monster berkepala 6.

Dari kedua kelompok divine beings ini sering timbul pertentangan dan kebencian. Hingga pada akhirnya Odin dengan kedua saudaranya berhasil membunuh Ymir dan membuat tubuhnya sebagai fondasi atas dunia yang mereka ciptakan. Tubuh Ymir berubah menjadi tanah, darahnya menjadi lautan, tulang-tulangnya menjadi pegunungan, rambut dan giginya menjadi pohon dan batu.

Sedangkan tengkoraknya digantung di udara dan diubah menjadi langit. Odin lalu melihat ada binatang yang memakan mayatnya di tanah, untuk itu dia mengubah mereka menjadi dwarf dan dark elves, yang bertugas menambang bebatuan. Binatang lain yang hidup dari dalam tanah, diubahnya menjadi light elves yang ditempatkan berbeda di Alfheim.

Darah Ymir yang berubah menjadi lautan berhasil menenggelamkan seluruh kaum raksasa kecuali satu yang selamat. Kejadian ini selanjutnya akan membawa akibat panjang permusuhan kaum raksasa dengan para dewa yang akan berakhir pada RAGNAROK.

Untuk membuat cahaya yang menerangi dunia mereka mengambil percikan api dari Muspellheim.
Odin dan para saudaranya juga membuat tempat tinggal untuk para raksasa es dan batu yang disebut Jotunheim, para raksasa sering disebut Jotuns, berada di tingkatan yang sama dengan Midgard. Antara Midgard, dunia tempat tinggal manusia yang mereka ciptakan, dengan Jotunheim terdapat pemisah berupa sungai besar yang airnya tidak pernah membeku.
Untuk tempat tinggal mereka sendiri, dipilih langit sebagai lokasinya. Mereka membuat sebuah tempat yang disebut Asgard. Di samping Asgard masih ada satu dunia lagi di tingkatan yang sama yaitu Vanaheim. Vanaheim merupakan kediaman dewa dari ras Vanir.

Di dalam Asgaed yang luas terdapat banyak aula tempat tinggal beberapa dewa dewi salah satunya adalah Valhalla, tempat Odin menjamu Einherjarnya setiap malam. Valhalla digambarkan begitu luasnya sehingga memiliki lima ratus empat puluh pintu, pilar-pilar penopang atapnya dari tombak, atapnya sendiri terbuat dari kumpulan perisai, kursi-kursinya berlapis breast plate armor. Seekor serigala menjaga salah satu pintu bagian barat, sedangkan seekor elang terbang mengitari bangunan ini. Dari tempat inilah delapan ratus orang Einherjar akan berbaris keluar untuk ikut serta dalam Ragnarok
Asgard dan Vanaheim sendiri dipisahkan oleh sebuah dinding besar yang dibuat oleh manusia bernama Blast, yang sebenarnya raksasa yang menyamar. Sebagai imbalan pembangunan dinding ini dia minta bulan dan matahari serta dewi Freya sebagai istri.

Walaupun akhirnya dia tidak pernah mendapatkan imbalannya karena akal bulus Loki dan Odin. Di mana Odin menyuruh Loki untuk menggagalkan rencana pembangunan ini sebelum tempo 6 bulan selesai. Untuk itu Loki berencana menarik jauh Svaldifari kuda milik Blast yang digunakannya untuk menarik beban berat. Maka Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina dan merayu kuda tersebut pergi, setelah rencana Blast gagal maka Odin tidak perlu menepati janjinya. Beberapa hari kemudian Loki dan Svaldifari kembali, dengan membawa keturunan mereka Sleipnir yang diberikan sebagai hadiah untuk Odin.

Penghubung antara Asgard dan dunia di bawahnya yaitu sebuah jembatan berwarna pelangi, Bifrost. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan 3 elemen yaitu air, api, dan udara sehingga berwarna warni seperti pelangi. Jembatan Bifrost dijaga oleh dewa Heimdall, yang tugasnya mengawasi kesembilan dunia yang ada.

Heimdall memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam ke segala arah. Midgard sendiri sebagai tempat tinggal manusia dihuni oleh 2 manusia pertama, yaitu Ask dan Embla. Menurut mitos mereka tercipta dari 2 batang pohon yang menurut Odin dan para saudaranya memiliki keindahan.

Untuk itu mereka memberinya jiwa, perasaan, gerak, darah dan warna. Setelah itu Norns, 3 dewi pengatur nasib dan takdir memberikan roh yang akan mengikuti setiap manusia sejak lahir sampai mati. Dari dalam Ginnungagap sendiri tumbuh sebuah pohon ash raksasa yang besar bernama Yggdrasil.

Pohon ini memiliki banyak cabang dan akar yang melingkupi sembilan dunia yang ada. Karenanya sering disebut juga “pohon dunia”. Yggdrasil sebagai pohon yang menjadi tulang punggung alam semesta memiliki tiga akar yang paling kuat berada di 3 alam yaitu Asgard, Midgard, dan Niflheim (Helheim).

Dikatakan di bawah Nifleheim ini berdiam seekor ular bernama Nidhogg, yang menggigiti akarnya dan setelah berhasil maka itu tandanya Ragnarok tiba. Tapi ada juga versi yang mengatakan Ragnarok terjadi saat Surt membakar Yggdrasil.

Di atas pohon Yggdrasil inilah Odin pernah menusuk dirinya sendiri dengan Gungnir selama 9 hari 9 malam untuk mendapatkan pemahaman tentang 18 rune. Selain itu dalam versi game Valkyrie Profile diceritakan bahwa pohon Yggdrasil hanya melingkupi 3 alam, Asgard, Midgaed, dan Nifleheim dan tidak pernah disinggung peranannya dalam kehancuran dunia.

•Gods and Heroes•


Cerita-cerita mitos tentang kepahlawan seseorang dan dewa biasanya diikuti oleh kekuatan mereka yang luar biasa. Karena banyak dari manusia ini yang merupakan keturunan dewa atau memiliki kesaktian hebat, seperti cerita Bellerophon dengan Pegasusnya yang membunuh Chimera di Yunani.

Bangsa Norseman juga memiliki cerita kepahlawanan manusia dan dewa yang serupa, tapi hanya sedikit sekali informasi mengenainya. Salah satu yang terkenal di antaranya kisah Sigurd dan Valkyrie.

Kisah Sigurd-The Dragon Slayer dikenal luas bahkan kisahnya tercantum dalam Nibelungenlied. Sigurd adalah anak seorang prajurit bernama Sigmund. Ketika ayahnya meninggal karena dibunuh, dia lantas memakai pedang pusaka milik ayahnya yaitu Balmung yang telah patah kemudian diubah oleh mentornya menjadi Gram pedang terkuat dan tidak bisa dihancurkan.

Dengan pedang ini dia berangkat dan membunuh Fafnir untuk balas dendam yang kini telah berubah menjadi naga, dan mengambil harta yang dijaganya yaitu cincin Nibelungen. Selain itu dia juga memakan jantung monster ini sehingga dia memiliki kekuatan besar dan kulit tubuhnya yang bermandikan darah Fafnir menjadi armor terkuat di bumi.

Mungkin kalian ingat nama-nama seperti pedang Gram dan cincin Nibelungen. Yo! Kedua artifak ini muncul juga dalam versi game, di sana Gram adalah pedang yang hanya bisa diperoleh dalam hard mode, sedangkan Nibelungen Ring adalah cincin yang dikenakan oleh Lenneth. Mengenai cerita Valkyrie akan diceritakan di bagian tersendiri.

Mengenai para dewa sendiri ada ceritanya sendiri. Awalnya ada dua kelompok divine tribes yang selalu bertarung yaitu Aesir dan Vanir. Mereka selalu berperang untuk mencapai supremasi di antara keduanya. Hingga pada suatu saat entah karena tidak ada yang kalah dan menang, mereka sepakat untuk mengadakan gencatan senjata dan berdamai.

Vanir sendiri sebenarnya dewa-dewa bumi, dan alam. Selanjutnya kelompok Vanir memutuskan untuk berasimilasi dengan Aesir untuk memimpin dunia. Atas bukti perdamaian, mereka berdua sepakat untuk saling menukar dewa.

Dari pihak Aesir, Odin menyerahkan dewa Hoenir yang mereka katakan sangat pandai, dan juga tampan serta pantas untuk memimpin dengan didampingi oleh dewa bijak Aesir, bernama Mimir.

Untuk membalas ini Vanir menyerahkan dewa-dewa mereka yang terkenal dan kaya yaitu Njord dan kedua anaknya Frey yang tidak kalah tampannya dan Freya yang cantik, diiringi oleh Kvasir dewa bijak Vanir.

Akan tetapi lama kelamaan kelompok Vanir mengetahui bahwa mereka telah ditipu. Honir tampaknya tidak sepandai yang diklaim oleh Aesir, selama ini diketahui Mimir-lah yang selalu memberinya petunjuk dan nasihat. Marah dan kesal pemimpin Vanir memenggal kepala Mimir dan mengirimkannya kembali ke pihak Aesir. Untungnya permasalahan ini tidak menimbulkan perang kembali di antara keduanya.

Odin malah menggunakan sihirnya dan berbagai ramuan unutk mengawetkan kepala Mimir dan menaruhnya untuk menjaga sumur Kebijaksanaan. Bahkan dia membuat kepala tersebut mampu berbicara, dimana Odin sering meminta nasihatnya. Jadi Vanir merupakan ras dewa juga, walaupun mereka pernah menjadi musuh tetapi tidak ada fakta bahwa Vanir dan Aesir-lah yang berperang di Ragnarok nanti.

Odin disebut juga “bapak segalanya” (the all father), karena dia yang menciptakan dunia ini dan juga menjadi ayah dari manusia dan beberapa dewa. Odin memiliki banyak anak dari beberapa istri, mereka antara lain Thor, Hermod, dan Balder. Istri utamanya adalah dewi Frigg, dewi alam dan rumah tangga, tetapi ada juga versi yang mengatakan bahwa Frigg adalah Freya.

Odin digambarkan memiliki tampang serius, separuh raksasa (bukan half elf seperti dalam game) dan hanya memiliki sebelah mata. Mata kanannya diberikannya pada Mimir untuk mendapatkan keistimewaan minum dari Well of Wisdom dimana dia memperoleh semua pengetahuannya.

Odin juga memiliki beberapa harta artifak berharga di antaranya adalah Draupnir Ring, Sleipnir kuda jantan berkaki 8 pemberian Loki, dan tombak Gungnir yang tidak pernah meleset dari targetnya jika dilempar. Odin lebih terkenal di kalangan prajurit dan bangsawan jika dibandingkan rakyat kecil. Mungkin dikarenakan Odin sering meminta persembahan manusia dalam upacara penghormatannya. Selain itu Odin juga memiliki sifat-sifat yang kurang dapat dipercaya dan tidak selalu menenpati janjinya, seperti contoh di atas.

Dia tinggal di istananya Valaskjalf, tapi lebih sering berada di Valhalla untuk berpesta bersama Einherjarnya. Odin memiliki 2 ekor serigala yang mendapat semua makanannya, karena dia tidak pernah makan kecuali minum anggur. Selain itu dia juga memiliki 2 ekor gagak Huginn (pikiran) dan Muninn (memori) yang bertugas mengumpulkan semua kejadian di 9 dunia setiap hari.

Mengenai Freyr (Frei), Frey sesungguhnya seorang dewa bukan dewi seperti di game. Dia memang saudara kembar Freya dan juga pemimpin light elves. Frey beristrikan seorang raksasa yang cantik, bahkan hingga dia rela menukarnya dengan pedang pusaka miliknya yang menurut legendanya bisa bergerak sendiri dan menebar teror di medan perang sesuai keinginan pemiliknya.

Mengenai Freya dia digambarkan sebagai dewi yang cantik, pirang dan bermata biru, tidak jauh beda dari deskripsi dalam game² pada umumnya. Dikatakan kecantikannya karena dia selalu memakai Brisingal, kalung emas yang dibuat oleh para dwarf . Freya juga berhak menerima setengah dari Einherjar milik Odin di kediamannya Folkvang. Freya mengendarai kereta perang yang ditarik oleh beberapa ekor kucing. Freya mempunyai kesukaan terhadap kaum elf.

Thor sebagai anak Odin diklaim sebagai dewa paling kuat. Dia adalah dewa halilintar dan petir. Kepopuleran Thor melebihi ayahnya sendiri, dia lebih dihormati dan dipuja oleh banyak kalangan bahkan kaum petani. Ini mungkin karena sifatnya yang lebih bisa dipercaya dibandingkan dewa-dewa lainnya.

Mitos dan cerita tentang Thor lebih sering mengisahkan pertarungannya dengan para raksasa, karena dia juga bertugas melindungi kaum dewa. Thor bersenjatakan sabuk kekuatannya Megingjord dan juga palu Godam Mjollnir, yang mengeluarkan petir jika dilempar dan dapat kembali lagi padanya jika dilempar.

Bahkan asal kata hari kamis (Thursday) dari kata Thorsdag atau Thor’s Day.
Karakter lain yang juga terkenal adalah Loki. Loki sebenarnya berasal dari ras raksasa, tetapi Odin telah mengangkatnya sebagai saudara sedarah. Loki adalah dewa yang licik, dan suka membuat kekacauan yang dianggapnya sekedar lelucon bagi dewa lain dan juga manusia. Oleh karena itu dia juga disebut “the trickster”, dia juga memiliki kemampuan untuk mengubah wujud dan gender-nya semaunya.

Loki sebenarnya dewa yang cakap, baik dari segi fisik maupun keahlian. Tapi niat dalam dirinya sering jahat. Salah satu kejahatan Loki yang membuatnya dihukum berat selamanya adalah ketika dia membunuh dewa Balder.

Balder yang tubuhnya kuat dan tidak dapat ditembus apapun memiliki kelemahan yaitu mistletoe. Hanya pohon inilah yang dapat melukainya, maka Loki membuat panah dari batang mistletoe dan menyuruh Hodur saudara Balder yang buta untuk memanahnya pada titik kelemahannya.

Tanpa diketahui oleh Hodur dia memanah Balder, sehingga dia meninggal. Para dewa marah mendengarnya dan mencoba membawa Balder kembali dari kematian. Untuk itu Hermod, dengan berani memutuskan untuk berangkat ke Nifleheim, suatu tempat yang paling mengerikan bahkan buat dewa, untuk memohon pada dewi Hel.

Dewi Hel, yang memiliki tubuh separuh atas berupa manusia/makhluk hidup dan tubuh bagian bawahnya yang seperti mayat hidup, ini setuju mengembalikan Balder asalkan memang benar semua makhluk hidup menangisi kematian Balder (Balder dikenal dicintai oleh semua makhluk). Tapi atas kelicikan Loki yang menyamar sebagai perempuan tua, Tock yang mengaku tidak menangisi kematian Balder maka Balder tidak bisa dihidupkan lagi.
Atas pengkhianatan Loki, Odin memerintahkan Loki agar dihukum di Nifleheim. Di sana dia dirantai di sebuah batu dimana di atasnya terdapat seekor ular beracun yang menumpahkan racun berbisanya ke wajah Loki. Karena inilah Loki menjadi menderita. Selama berada dalam hukuman inilah niat Loki menjadi semakin jahat, dia bersumpah akan membalas para dewa yang telah melakukan ini.

Loki sendiri mempunyai beberapa keturunan yang berbeda di antaranya Jormundgand, ular raksasa yang tinggal di Midgard dan melingkari bumi dengan tubuhnya; Hel, penguasa neraka Nifleheim; Sleipnir; dan yang paling dikenal Fenrir, serigala raksasa.
Serigala Fenrir awalnya tidak dianggap sebagai ancaman oleh dewa lainnya. Saat dia masih berupa anak serigala mereka mengurungnya dalam sebuah gua. Tetapi lambat laun tubuhnya terus membesar dalam ukuran besar dan tenaga yang kuat. Ini membuat cemas para dewa, apalagi mereka mengetahui suatu ramalan yang menyebutkan Fenrir akan menimbulkan bencana untuk dewa dan manusia.

Karena itu dicari akal agar serigala ini mau diikat. Tetapi banyak rantai yang tidak sanggup menahan kekuatannya. Maka dewa Tyr meminta para dwarf untuk membuat rantai kuat yang tidak bisa lepas. Setelah rantai (Gleipnir) tersebut selesai, dia membujuk Fenrir (bahan-bahannya rare materials yang sulit dipercaya) untuk memakainya.
Serigala ini yang melihat rantai yang diajukan Tyr sangat tipis merasa curiga. Untuk itu Tyr mengajukan diri untuk menaruh tangannya dalam rahang Fenrir sebagai tanda deal.
Setelah terpasang rantai tersebut ternyata tidak dapat dihancurkan. Fenrir yang merasa ditipu langsung menggigit putus tangan Tyr sebagai balasannya. Inilah alasan mengapa Tyr hanya bertangan satu. Selanjutnya Fenrir berhasil diikat di sebuah batu dan dikurung jauh di dasar bumi dimana dia meronta-ronta untuk lepas hingga saatnya tiba waktu Ragnarok.

Di atas merupakan cerita singkat mengenai sebagian para dewa-dewa utama yang banyak berperan dalam kehidupan masyarakat Skandinavia jaman dahulu. Masih banyak dewa dewi lainnya, tapi peran mereka kurang signifikan dalam kehidupan dan mereka umumnya muncul sekilas dalam legenda dan mitos.

Dewa lainnya adalaha Eir, dewi penyembuh; Ull dewa keadilan dan duel, yang pernah berduel dengan Kashell dalam game; Bragi dewa seni dan puisi; atau Vidar salah satu dewa yang selamat dalam Ragnarok.

•Legenda Valkyrie•

Valkyrie (Chooser of the Slain) menurut mitos sebenarnya terdiri dari sekelompok (sekitar 16 orang), bukan hanya terdiri dari 3 orang dalam 1 tubuh, Lenneth, Hrist, dan Silmeria. Walaupun nama Hrist memang pernah tercantum dalam daftar nama Valkyrie.
Nah! Kembali ke topik asli Valkyrie, dikatakan mereka selalu bergerak dalam kelompok kecil dengan pemimpin mereka Brynhild. Tugas mereka adalah mengamati medan perang untuk memilih kandidat yang tepat untuk diangkat sebagai Einherjar. Einherjar ini adalah para prajurit yang mati dalam perang dan diangkat ke Valhalla alih-alih ke Nifleheim. Di sana mereka akan dilatih untuk persiapan perang besar para dewa dan raksasa.
Bagi para prajurit ini bisa mati di medan perang dan masuk Valhalla merupakan cita-cita mulia. Valkyrie memakai baju zirah berkilauan dan helm perang yang memancarkan cahaya yang disebut Aurora Borealis (Northern Lights), dan bersenjatakan tombak atau pedang. Ada yang mengatakan siapapun yang melihat seorang Valkyrie saat perang maka orang tersebut pasti akan mati.

Mereka hanya bertugas membawa para calon Einherjar ke Valhalla dan menjamu mereka di sana setiap malam setelah latihan mereka selesai. Einherjar akan berlatih setiap hari dari pagi sampai sore, selanjutnya mereka akan makan minum dengan Odin. Setelah pesta semua stamina dan luka-luka mereka akan sembuh sebagai persiapan untuk latihan berat esoknya.

Walau begitu tidak pernah tercantum bahwa tugas Valkyrie adalah melatih Einherjar. Mengenai istilah BATTLE MAIDEN (perawan perang) mungkin berkaitan dengan cerita bahwa Valkyrie itu aslinya manusia yang sebelum mereka meninggal dan diangkat menjadi Valkyrie.
Setelah menjadi Valkyrie mereka harus mengikuti aturan para dewa yaitu tetap menjaga perawan demi tugas ini. Jika mereka melanggarnya maka hukumannya adalah mereka akan menjadi manusia lagi dan kehilangan status dewa mereka atau bahkan lebih parah.
Hal ini pernah terjadi pada Brynhild dimana dia pernah melanggar aturan yang ditetapkan oleh Odin. Odin menghukumnya menjadi manusia dan membuatnya tertidur di dalam lingkaran api dan tidak dapat keluar sampai ada seorang yang mau menerobos kobaran api untuk menolongnya.

Orang tersebut adalah Sigurd. Dengan berani Sigurd menerobos lingkaran api dan menolong Brynhild, atas perbuatannya ini Brynhildr jatuh cinta padanya. Tetapi setelah itu Sigurd harus pergi dan meninggalkannya untuk sementara.

Sigurd berjanji untuk kembali padanya suatu saat, dan dia memberikan Nibelung Ring sebagai tanda cintanya. Cincin ini sebenarnya telah dikutuk oleh dwarf Andvari pembuatnya dimana setiap manusia pemakainya akan mengalami tragedi menyedihkan dalam hidupnya.

Mungkin ini sebabnya cinta Brynhild dan Sigurd tidak pernah bertemu. Karena Sigurd kemudian meninggal dalam perang dan Brynhild yang sedih memutuskan untuk bunuh diri. Mereka memang bertemu lagi dalam kematian.

•Perang Penentuan Ragnarok•

Pada bagian terakhir akan diulas tentang Ragnarok . Istilah ini berarti kiamat para dewa dan juga akhir dari dunia. Ini memang perang penentuan antara ras raksasa dan ras dewa yang telah terpupuk selama ratusan bahkan mungkin ribuan tahun. Semua kebencian yang telah ada sejak dunia pertama kali diciptakan oleh para dewa akan berakhir di sini.
Sangkakala perang besar ini akan diawali oleh beberapa pertanda, antara lain adalah datangnya 3 musim dingin berat berturut-turut tanpa ada jeda di antaranya. Pertengkaran dan permusuhan akan terjadi di antara keluarga , dan sahabat, tidak akan ada lagi moralitas dan keadilan di masyarakat.

Lalu 2 ekor serigala Skoll dan Hatii yang selalu mengejar bulan dan matahari akan berhasil menangkap mereka dan memakannya, bintang-bintang akan menghilang dari langit Dunia akan dilanda kegelapan total.

Berikutnya 2 ekor ayam jantan milik dewa dan raksasa akan berkokok memberitahu majikan masing-masing, sedangkan ayam jantan ketiga akan berkokok untuk membangkitkan yang telah mati. Selanjutnya akan ada gempa kuat yang mengguncang bumi. Akibat goncangan ini akan melepaskan serigala raksasa Fenrir dari kurungan rantainya di dasar bumi.

Jormundgand ular Midgard yang besar akan bergerak ke daratan. Dalam usahanya mencapai daratan ini dia akan mengakibatkan beberapa bencana, di antaranya bisa racunnya yang dikeluarkan setiap hembusan napasnya akan meracuni langit dan tanah.

Dan gelombang besar yang diakibatkan oleh gerak tubuhnya akan membawa keluar kapal perang besar milik kaum Raksasa yaitu Naglfar. Kapal ini dikomandoi oleh raksasa laut Hymir, dengan body kapal yang terbuat dari kuku-kuku orang yang telah mati.

Di bagian lain dari dalam Nifleheim sendiri akan meluncur sebuah kapal yang mengangkut semua penghuni neraka termasuk seekor anjing raksasa bermata empat dan tubuh yang berlumur darah yaitu Garm, anjing penjaga neraka. Kapal perang ini dipimpin oleh Loki yang telah bebas, dan bersumpah untuk membalas dendam atas penderitaannya selama di neraka. Dari bagian selatan Muspellheim, Surt raksasa api dan semua pengikutnya akan berangkat juga. Surt membawa pedang besarnya yang terbuat dari api dan memancarkan cahaya lebih menyilaukan dari matahari.

Di Asgard sendiri, Heimdall yang melihat semua ini akan membunyikan tanda memanggil semua anak Odin dan para dewa lainnya. Dari Valhalla akan berbaris delapan ratus orang Einherjar untuk bergabung dengan para dewa. Semua makhluk hidup baik itu dwarf, elf, raksasa, manusia, dan dewa akan menuju padang Vigrid untuk menghadapi pertempuran yang akan mengakhiri segalanya.

Para dewa akan menghadapi musuh bebuyutan mereka masing-masing. Pertarungan dua makhluk terkuat ini mengingatkan kita tentang kemiripan dengan mitos Yunani, tentang perang dewa-dewa Olympus dengan kelompok raksasa Titan. Atau mungkin juga dengan cerita mitologi dari India yang juga mirip. Mungkin memang hanya para raksasalah yang merupakan lawan sepadan dengan dewa..

Begitu mereka semua berkumpul di padang besar Vigrid, perang langsung dimulai. Surt segera mencari Freyr yang tidak memiliki senjata. Dewa ini akan langsung terbunuh oleh serangan Surt. Sementara itu dewa perang Tyr walaupun hanya memiliki sebelah tangan, tapi dia sanggup bertarung dengan anjing neraka Garm. Tyr akan keluar sebagai pemenang dalam pertarungan ini, tapi sayangnya dia juga harus mati oleh luka-lukanya.

Thor sendiri akan mencari Jormundgand untuk menghabisinya. Duel Thor dengan Jormundgand berlangsung seru, dimana akhirnya Thor berhasil membunuh ular beracun ini. Tetapi sama dengan Tyr dia juga harus mati perlahan lahan karena bisa racun Jormundgand yang mematikan.

Loki dilain pihak akan berhadapan dengan Heimdall rival beratnya. Heimdall yang selalu menggagalkan setiap usaha Loki untuk melarikan diri dari tindak kejahatannya dahulu. Pertempuran ini adalah paling seru karena keduanya sudah saling memendam kebencian yang amat sangat. Tetapi keduanya akan sama-sama mati dalam pertarungan ini.

Pertarungan yang tidak kalah serunya terjadi antara Odin dengan serigala raksasa Fenrir. Duel di antara mereka berlangsung siang dan malam selama berhari-hari lamanya. Odin yang bersenjatakan Gungnir akan menghadapi Fenrir yang memiliki taring-taring yang tajam dan tenaga yang kuat.

Setelah beberapa hari bertarung Odin akhirnya kalah di tangan Fenrir. Serigala ini kemudian melahap tubuh Odin dengan mulutnya yang besar. Vidar, yang juga anak Odin, melihat kejadian ini. Dengan kemarahan yang membara, dia segera melompat ke arah Fenrir. Dengan hanya menggunakan kedua tangannya dia merobek-robek rahang Fenrir yang seketika membunuh makhluk ini.

Setelah perang berlangsung sekian lama, raksasa api Surt tanpa memperdulikan lawan atau kawan akan menyulut api pada pohon Yggdrasil. Dengan pedang apinya tersebut dia mulai membakar seluruh dunia menghabisi semuanya, membuat dunia ini tenggelam ke lautan. Hanya sedikit makhluk hidup dan dewa yang akan selamat.

Di antara yang selamat itu ada dua orang manusia yaitu Lif dan Lifthrasir. Menurut cerita mereka bisa selamat dari kehancuran dunia karena melarikan diri ke Hodmimir Forest. Satu-satunya tempat yang tidak dapat dijangkau semburan pedang api milik Surt. Mereka berdua tertidur selama sisa perang Ragnarok.

Begitu terbangun mereka akan menjadi cikal bakal manusia baru di dunia ini. Dari sesuatu yang hancur selalu muncul sesuatu yang baru dan berguna. Demikian juga akhir dari Ragnarok adalah awal dari dunia yang baru. Padang-padang rumput menghijau kembali, tanah menjadi subur, sumber daya alam melimpah.

Era baru dewa-dewa dimulai di antaranya terdapat Vidar yang berhasil selamat. Manusia dan dewa serta makhluk hidup lainnya akan hidup harmonis dan berdampingan semua kebencian akan sirna. Mitos tentang Ragnarok biasanya hanya sampai di sini, tidak pernah diberitahukan lagi apakah ribuan tahun mendatang akan muncul kembali kejadian serupa.

diambil dari
http://sanjiro93.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar