Senin, 28 Mei 2012

Asal-usul Zodiac Yunani

Apa zodiac milikmu? pernahkah kamu berpikir darimana ya asal mula adanya zodiac ini? Rasi bintang 12 zodiac berasal dari kisah2 mitologi Yunani. Langit dapat bercerita, 12 rasi bintangnya yang kini menjadi 12 zodiac juga memiliki kisah sendiri.


AQUARIUS
diasosiasikan dengan GANIMEDE, pemuda tampan yang menarik hati Zeus yang kemudian menculiknya dalam bentuk burung elang. Di Olimpus Ganimede yang diberi keabadian oleh Zeus bertugas sebagai pembawa minuman untuk disajikan kepada Zeus. Letak rasi bintang aquarius dekat dengan rasi bintang AQUILA (perwujudan Zeus). Maka jangan salah, simbol aquarius seharusnya digambarkan sebagai seorang pemuda yang menuangkan air dari guci, bukan seorang wanita / putri duyung.




PISCES
cerita dibalik rasi bintang ini adalah tentang APHRODITE dan putranya, EROS. Mereka berdua terpaksa merubah diri menjadi ikan untUk melarikan diri dari Gigantes TYPHON yang mengamuk dan mengacak2 Olimpus. Aphrodite mengikat siripnya kepada eros agar mereka tidak terPisah.


ARIES
Aries biasa digambarkan sebAgai domba, beberapa kaLangan mengaitkan aries dengan YESUS, karena sifat domba yang lembut dan rela mati demi kepentingan manusia. tapi menurut mitologi Yunani, aries berasal dari GOLDEN FLECCE (domba berbulu emas dan bersayap) yang diutus oleh Poseidon untuk menyelamatkan Friksos dan Helle anak Nefele. Setelah berhasil selamat, Friksos megurbankan golden flecce kepada Poseidon. Kulit golden flecce digantung disebuah pohon. Kelak golden flecce dicari oleh IASON dan para Argonaut.


TAURUS
Ada beberapa versi tentang Taurus. Ada yang menganggapnya sebagai banteng buruan ORION sang pemburu. Adapula yang menganggapnya sebagai CRETAN BULL (banteng pulau Kreta) milik raja Minos hadiah dari Poseidon. Cretan Bull adalah banteng keramat yang nantinya akan dikurbankan kepada Poseidon. Banteng ini berwarna putih bersih dan dapat berlari diatas air. Pasifae, istri Minos yang dikutuk Poseidon bersetubuh dengan Cretan Bull, dan Pasifae melahirkan Minotaur, monster banteng pemakan manusia.


GEMINI
Gemini biasa dikenal sebAgai BINTANG KEMBAR karena bila dihubungkan akan tampak sebagai sepasang manusia yang seDang bergandengan tangan. Mereka adalah CASTOR dan POLLUX, sepasang anak yang dilahirkan dari sebuah telur angsa. Pollux yang abadi sangat kuat, sedang Castor yang mortal sangat cerdas. Setelah kematian Castor, Pollux memohon kepada Zeus agar Pollux diijinkan membagi keabadian untuk saudaranya. Pollux kemudian membawa Castor kelangit dan membangkitkannya kembali. Dilangit mereka tinggal bersama sebagai rasi bintang gemini. Mereka digambarkan sedang memainkan Lira (Castor / lambang kepandaian dan kecerdikan) dan membawa busur panah (Pollux / lambang kekuatan).


CANCER
seekor kepiting raksasa yang mati diinjak oleh HERAKLES ketika bertarung melawan HYDRA. Hera mengirim seekor kepiting untuk mengganggu pertarungan itu. Herakles yang marah langsung menginjak mati si kepiting. Hera kemudian menaruh kepiting itu dilangit sebagai rasi cancer. Namun ada kisah lainnya, yauitu kepiting itu tidak diinjak oleh Herakles, melainkan ditendang hingga kelangit.


LEO
Dalam 12 tugasnya, pertama2 HERAKLES harus membunuh singa NEMEA dari Argolis. Singa ini sangat kuat, gigi dan cakarnya sangat tajam dan mempunyai kulit yang sangat tebal sehingga tidak ada senjata yang mampu melukainya. Oleh Herakles, singa ini dicekik hingga mati. Setelah itu, dengan cakar singa Nemea, Herakles membuat jubah dari kulit singa Nemea. Jubah itu kemudian dipakai oleh Herakles. Oleh Hera, arwah singa Nemea diletakan dilangit menjadi rasi bintang Leo.


VIRGO
ASTRAEA, putri Zeus adalah dewi keluguan dan keadilan. Dia membawa timbangan sebagai lambang keadilan. Karena muak dengan peperangan dan manusia yang tidak mempunyai rasa keadilan, ASTRAEA pergi kelangit dan menjadi rasi virgo.


LIBRA
Timbangan yang dipegang oleh dewi ASTRAEA (lebih dikenal sebagai Virgo).


SCORPIO
kalajengking raksasa yang dikirim Dewi HERA untuk membunuh ORION sang pemburu. Orion sendiri mati terkena panah dari Artemis setelah membunuh kalajengking itu.


SAGITARIUS
Rasi Sagitarius digambarkan sebagai Kentaurus dengan Chiron sebagai tokohnya. Dia merupakan guru dari pahlawan yunani kuno yang terkenal seperti, ACHILLES dan IASON. Suatu ketika Chiron gugur dimedan pertempuran. Zeus yang menghormatinya meletakan arwahnya dilangit. Rasi bintang yang berhubungan dengannya adalah SAGITTA (anak panah yang dilepaskannya).


CAPRICONUS
CAPRICONUS adalah kambing-kambing ALMATHEA dari pulau Kreta yang menyusui bayi Zeus setelah diselamatkan oleh ibunya, Rhea dan neneknya GAIA dari KRONOS, ayah Zeus. Setelah dewasa, Zeus menggunakan kulit kambing ALMATHEA sebagai perisainya yang bernama Aegis. Kemudian Zeus pergi melawan Kronos.

Ilustrated by: Wang'ZW (Do not copy without my permission)
Reteller by: Wang'ZW


referensi:
http://cybwizhsi.blogspot.com

4 komentar:

  1. Baru tau...thanks infonya brooowww :D

    BalasHapus
  2. Gue taurus dan gue hewan buruan.......

    BalasHapus
  3. Izin Copy ke blog widyalie03@gmail.com ya
    thx before...

    BalasHapus