Rabu, 30 Mei 2012

Mitologi Norse

Dalam mitologi Norse, pada mulanya tidak ada matahari, bulan maupun bintang. Tidak ada daratan maupun lautan. Hanya ada kekosongan yang disebut Ginnungagap. Kemudian selelah jutaan tahun, muncul percikan kehidupan, yang mengambil bentuk raksasa Ymir dan Audhumla (sapi yang sangat besar yang memberikan Ymir susu). Suatu ketika, Audhumla menjilat sebongkah es, dan membentuknya sesuatu yang berbentuk seperti tubuh manusia, yang kemudian diberi nama Buri, leluhur para dewa pertama, Odin, Vili dan Ve [anak-anak Bor]. Sementara itu, saat Ymir tertidur, dari tubuhnya muncul segerombolan raksasa yang kemudian disebut Hrimthurssar [Frost Giant].




Odin dan saudara-saudaranya sering bertengkar dengan para Hrimthurssar, dalam salah satu pertengkaran mereka, berakibat pada kematian Ymir. Darah Ymir mengalir bagaikan banjir besar yang menyeret dan membunuh para raksasa kecuali Bergelmir dan istrinya. Odin, Vili dan Ve kemudian menyeret tubuh Ymir ke Ginnungagap dan dimulailah proses penciptaan dunia. Mereka membuat Bumi dari dagingnya, gunung dan bukit dari tulang-tulangnya dan batu-batuan dari giginya. Rambut Ymir yang ikal menjadi pohon yang rindang dengan segala vegetasi lainnya. Darahnya, menjadi danau dan lautan dan samudera. Mereka kemudian meletakan alis Ymir disepanjang tanah hijau dan jadilah suatu daerah yang disebut Midgard atau Middle-Earth.

Odin dan para saudaranya, kemudian menciptakan kubah langit dari tengkorak Ymir, otaknya dilemparkan tinggi-tinggi keatas sehingga menjadi awan. [dalam versi Snorri, disebutkan bahwa ke-empat sudut langit ditopang oleh empat dwarf yang bernama Nordi, Sudri, Austri dan Vestri. Nama-nama mereka menjadi nama bagi empat titik kompas, Utara, Selatan, Timur dan Barat.] Para dewa kemudian mengambil bunga dan bara api dari Muspellheim untuk membuat matahari, bulan dan bintang-bintang.Matahari dan bulan ditempatkan pada kereta-kereta yang ditarik oleh beberapa kuda. Kereta yang membawa matahari dikendarai oleh Sol anak dari Mundilfari, kudanya bernama Arvakr dan Alsvid. Sol memiliki perisai yang diberi nama Svalin untuk melindunginya dari sengatan sinar matahari. Sedangkan kereta yang membawa Bulan dikendarai oleh Mani [juga anak dari Mundilfari] dengan dua orang pembantu bernama Bil dan Hjuki. Kudanya bernama Aldsvider. Matahari dan Bulan tidak bisa berhenti dalam perjalanan mereka melintasi langit, karena mereka selamanya dikejar oleh dua serigala yang mengerikan, Sköll dan Hati Hroduittnisson. Setiap harinya, Hati berhasil menggigit bulan namun pada awal bulannya ia selalu tumbuh kembali [bulan purnama s/d bulan mati]. Pada akhirnya, di Ragnarok [Judgement Day], para baik matahari maupun bulan berhasil dilahap oleh kedua serigala.


Para dewa kemudian membuat bagi mereka tempat yang indah, Asgard, rumah para dewa. Asgard, tempat para dewa dan Midgard [Middle Eart] tempat manusia ini dihubungkan oleh jembatan pelangi, Bilrost. Asgard dan Midgard beserta tujuh dunia lainnya berada dalam topangan dan naungan sebuah pohon besar yang bernama Yggdrasil.

Pada suatu ketika, ketiga dewa, Odin, Vili dan Ve sedang berjalan-jalan disepanjang pantai ketika mereka melihat dua batang pohon tergeletak ditepi air. Bentuk-bentuk pohon itu sangat indah. Odin kemudian meniupkan kehidupan kedalamnya, Vili memberikan mereka kemampuan untuk berbicara dan berpikir, sedangkan Ve memberikan kehangantan, warna dan gerakan. Mereka menciptakannya menjadi manusia. Manusia laki-laki pertama diberi nama Ask [Ash], sedangkan manusia perempuannya diberi nama Embla [Elm]. Pada dewa ini kemudian menempatkan mereka di Midgard sebagai tempat untuk hidup. Mereka kemudian menjadi nenek-moyang bagi manusia selanjutnya.

Dari belatung yang berasal dari mayat Ymir yang membusuk, para dewa kemudian membentuk Gnomes dan Dwarfs. Mereka dibentuk hampir mirip seperti manusia dan dikaruniai dengan otak walaupun jelek, cacat, serakah dan egois. Para dewa memberi mereka Svartalfheim, alam bawah tanah yang gelap, menempatkan mereka disana dan diberi tanggungjawab atas harta bumi seperti emas, permata dan logam berharga lainnya. Mereka adalah penambang dan tukang besi [logam] yang hebat. Dalam beberapa versi mitologi Norse, Dwarfs ini sering diasosiasikan sebagai Dark Elves. Para Elves sendiri sebenarnya (originalnya) adalah keturunan para Varnir, tempat tinggal mereka di Alfheimr. Mereka ini sering disebut Light Elves, pemimpin mereka adalah Dewa Frey, atau yang sering disebut Lord’s of the Elves. Sedangkan para raksasa generasi baru kemudian muncul dari Bergelmir dan keturunannya, mereka ini dikenal dengan nama Jotun. Jotunheim adalah nama tempat mereka tinggal.

DEWA-DEWI MITOLOGI NORSE


ODIN
Odin adalah raja para dewa, ia adalah dewa perang dan kematian, dewa langit, dewa pengetahuan dan kebijaksanaan. Ia sering disebut Alfodr [Ayah para dewa]. Dari Frigg, ia merupakan ayah dewa lainnya, diantaranya: Balder, Vali, Tyr dan dalam beberapa versi, Thor. Ia merupakan saudara dari Vili dan Ve, dan berperan besar dalam proses penciptaan. Di Asgard, ia tinggal di Valaskjalf. Tahtanya bernama Hlidskjalf. Memiliki dua burung gagak yang bernama Hugin dan Munin, sebagai pembawa berita. Dua serigala yang bernama Geri dan Freki, serta memiliki kuda berkaki delapan yang bernama Sleipnir. Ketika bertempur, Odin menggunakan Helm bersayap elang. Tombaknya yang legendaris disebut Gungnir dan memiliki cincin yang disebut Draupnir.

Odin hanya memiliki satu mata. Matanya yang lain diberikan kepada Mimir untuk ditukarkan dengan kebijaksanaan. Ia memiliki tempat lain yang disebut Valhalla, yaitu tempat dimana ia menjamu para pahlawan yang tewas dalam pertempuran dan yang nantinya akan membantunya dalam Ragnarok untuk menghadapi para Jotun.


THOR
Thor adalah dewa Guntur dan Badai. Dia adalah salah satu dewa terkuat, kemarahannya seperti api yang menyala-nyala namun dicintai oleh para dewa, disegani oleh para raksasa dan disembah oleh manusia. Ia adalah anak dari Odin dan Jord [dalam versi lainnya disebutkan anak dari Odin dan Frigg]. Memiliki dua orang istri: Jarnsaxa [Ironstone] yang memberinya putra : Modi dan Magni. Dan istri lainnya, Sif [Golden-Haired] yang memberinya dua orang putri: Lora dan Thrud.

Thor tinggal di Thrudheim, di rumahnya, Bilskirnir [Lightning/Petir]. Thor tidak memiliki kuda, sebaliknya, ia memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing besar, Tanngniost dan Tanngrisnir. Roda keretanya berbunyi seperti guntur yang bergemuruh jika ia lewat.

Thor memiliki palu yang legendaris yang bernama Mjollnir. Palu ini selalu tepat sasaran dan tidak pernah meleset, walaupun demikian, ia juga sering digunakan sebagai simbol kesuburan dalam perkawinan, dan kebangkitan dalam acara penguburan. Selain Mjollnir, Thor memiliki sarung tangan besi dan ikat pinggang yang bernama Megingjardir, yang akan melipatgandakan kekuatannya jika dipakai. Thor adalah dewa yang membunuh Jormungand dalam Ragnarok.


LOKI

Dewa api. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, “Cruel-Striker”) dan Laufey (”Tree Island”) atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi. Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dgn Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda (”Distress Bringer”), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian; Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent; dan Fenrir, si serigala raksasa. Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard. Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa2 tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer.

Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkanankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandiangan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigg untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.


HEIMDALL
Dikenal juga sebagai White As. Merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang semuanya bersaudari). Itu artinya Heimdall punya 9 ibu. Nine Waves merupakan anak dari Aegir. Heimdall dikenal juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Nama lainnya Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall adalah penjaga Bifrost. Dia tinggal di aulanya, Himinbjörg (”Cliff of the Hills” atau “Heavenly Fall”) yg terletak di ujung Asgard. Heimdall punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam. Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur yang bertugas mencegah para raksasa memasuki Asgard. Pedangnya disebut Hofund (Heimdall’s Head). Seperti Odin, Heimdall juga minum air dari sumur Mimir dan untuk itu dia mengorbankan salah satu telinganya. Pada perang terakhir antara para dewa dan raksasa jahat, dengan menunggang kudanya, Gulltopp dan membawa pedangnya, Hofund, Heimdall dan Loki saling berbunuhan dalam pertempuran.


FREYJA
Freyja adalah dewi keindahan dan cinta, yang mencintai alam dan keindahan seperti bunga dan musik. Mereka yang sedang jatuh cinta akan menawarkan doa-doa mereka untuk Freyja. Freyja adalah istri Odin, sang raja dewa. Dia digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik, menunggangi kereta yang ditarik oleh kucing2


TYR

Tyr adalah dewa dari keberanian dan. Hanya dia sangat berani untuk meletakkan tangannya di mulut Fenrir ketika para dewa berusaha mengikatnya, dan sebagai imbalannya, tangannya putus digigit Fenrir.


BALDR

Baldr adalah Dewa sukacita, kemurnian dan kepolosan. Meskipun ia memiliki kekuatan nyata sedikit, para dewa mencintainya kecuali Loki. Baldr dibunuh oleh Loki , tapi dia akan terlahir kembali setelah Ragnarok.


NJORD

Njord adalah dewa angin, laut, dan api. Berkat-Nya membawa keberuntungan bagi pelaut dan pemburu, namun tidak menyenangkan bila dia menimbulkan badai.


BRAGI

Bragi adalah dewa puisi dan pelindung skalds (penyair atau penyair) dalam mitologi Norse. Runes yang terukir di lidahnya memberinya inspirasi keabadian. Manusia yang minum mead dari pialanya akan pintar berkata-kata untuk menulis lagu dan puisi.


SKADI

Raksasa wanita Skadi adalah perwujudan dari elemen musim dingin yang keras dan kejam. Dia bukan salah satu Æsir, melainkan raksasa yang menjadi istri dari Njord untuk mencegah dia akan mengamuk dan menyerang Æsir dalam rangka untuk membalas dendam atas kematian ayahnya yang dibunuh para dewa.

Sumber:
http://edyworld.blogspot.com
http://aom.heavengames.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar