Minggu, 18 Juli 2010

Mitologi Yunani-Asal Usul Para Dewa Olympus


gambar 1. Gaia Ibu Bumi

Pada awalnya didunia ini hanya ada Khaos(Kekacauan/Χαος).dari dia lahirlah para Protogenoi yaitu sekelompok dewa yang lahir pada awal mula terciptanya alam semesta. Para Protogenoi adalah entitas atau mahluk pertama yang muncul. Mereka abadi dan membentuk tatanan alam semesta. Para Protogenoi adalah dewa-dewa awal yang menjadi leluhur dari dewa-dewa lainnya. Meskipun secara umum diyakini para Protogenoi lahir dari Khaos, beberapa sumber menyebutkan ada sepasang dewa lain yang menjadi orang tua Protogenoi. Para Protogenoi mewakili berbagai unsur alam. Para Protogenoi ini antara lain; Gaia(Ibu Bumi), Uranus (bapak langit), Erebos(kegelapan), Nyx(malam), Tartaros(lubang neraka), Thesis(penciptaan), dll.
Kemudian Uranus menjadi penguasa para Protogenoi, dia menikahi ibunya, Gaia dan melahirkan para Titan. Para Titan adalah makhluk yang luar biasa, mereka abadi, tinggi hingga menyentuh langit dan menjadikan gunung-gunung sebagai singgasana mereka. Ada 12 titan yang dilahirkan oleh Gaia, mereka adalah Okeanos, Koios, Hiperion, Krios, Yapetos, Kronus,dan para Titan wanita Theia, Rhea, Mnemosyne, Foebe, Tethis dan Themis. Selain para Titan, dari Uranus, Gaia melahirkan 3 Cyclops(raksasa bermata satu) Brontes, Steropes dan Arges dan 3 Hekatonkhires(raksasa berkepala 50 dan bertangan seratus) Kottus, Briareus, dan Giges. Uranus sangat membenci anak2 terakhir mereka(Cyclops dan Hekatonkhires), sehingga oleh Uranus mereka dikurung didasar bumi. Ini membuata Gaia merasa kesakitan dan sedih...(karena Uranus merobek perut Gaia dan membuang 6 anaknya ke perut Gaia)


Gambar 2. Gigantes

maka dia meminta anak2nya para Titan membunuh ayah mereka dan membebaskan saudara2 mereka keatas bumi...hanya Kronus, putra bungsunya yang menyanggupinya. Lalu Gaia membuat sebuat senjata yang sangat tajam terbuat dari logam adamantine dan diletakkan diatas langit, itulah bulan sabit yang sekarang kita kenal. Koios, Hiperion, Krios dan Yapetos memegangi Uranus diempat penjuru, dan kronus dengan berani mengambil sabit dan merobek langit malam sehingga Uranus pun mati. Dari darah Uranus lahir para Erinya sang raksasa, Nimfa(peri) dan Meliad. ketika darah menetes kebumi lahirlah para Gigantes...


Gambar 3 & 4. Kronus, Titan penguasa waktu



Kronus kini menjadi pemimpin para Titan, dia mengambil Rhea sebagia istrinya. Tetapi Kronus tidak mematuhi perintah ibunya, dia tetap mengurung saudara2nya yang buruk rupa didalam bumi. Sewaktu membunuh Uranus, dia dikutuk oleh Uranus bahwa dia akan mati dibunuh oleh anaknya. Kemudian Kronus menelan semua anak yang Rhea lahirkan, ini membuat Rhea dan Gaia menjadi sedih. Gaia lalu meminta Rhea membuat patung bayi dari batu yang akan ditelan Kronus nantinya. Sewaktu Rhea melahirkan anaknya, dia segera menukar bayinya dengan batu dan membiarkan Kronus menelan bayinya. Gaia lalu membawa bayi itu, Zeus ke pulau terpencil untuk dirawat oleh para Nimfa.

Zeus, yang merupakan seorang dewa memiliki kekuatan yang luar biasa...mereka para dewa mampu berubah wujud menjadi sesuai apa yang mereka mau. Akhirnya setelah dewasa Zeus dengan bimbingan Gaia menemui Kronus dan para Titan. Zeus dengan diam2 menemui ibunya, Rhea dan memberikan obat khusus untuk diberikan kepada Kronus. Setelah Kronus meminum minuman yang disuguhkan oleh Rhea, Kronus memuntahkan semua anak2nya yang telah dia telan. Mereka adalah Hades, Poseidon, Hera, Demeter dan Hestia. kemudian Zeus , Poseidon dan Hades pergi ke Tartaros tempat para Cyclops dan Hekatonkhires ditahan. Oleh para Cyclops para Dewa dibuatkan senjata, Petir untuk Zeus, Trisula untuk Poseidon dan Helmet kasat mata untuk Hades. Hekatonkhires memutuskan membantu para dewa untuk melawan para Titan.

Titanomakhia, atau Perang Titan (Τιτανομαχία), adalah serangkaian pertempuran yang terjadi selama sepuluh tahun antara para Titan melawan dewa-dewa Olimpus jauh sebelum keberadaan manusia. Para Titan, berjuang dari Gunung Othrys dan para dewa Olimpus, berjuang dari Gunung Olimpus. Perang ini terjadi karena Zeus dan saudara-saudaranya melakukan perlawanan terhadap Kronus, ayah mereka yang telah menelan mereka. Tidak semua Titan memihak kelompok Titan dalam perang ini. Semua Titan wanita memilih tidak terlibat perang, Okeanos mmemilih tetap netral, sedangkan Prometheus, Epimetheus, dan Stix beserta anak-anaknya berpihak pada Zeus.Setelah berlangsung selama sepuluh tahun, pihak Zeus akhirnya meraih kemenangan. Zeus kemudian mengurung para Titan yang melawannya di Tartaros. Sedangkan Atlas harus memikul langit di pundaknya.


Gambar 5. Para Dewa Olympus

Setelah Titanomakhia selesai, Zeus membangun istana para Dewa di gunung Olympus dan menjadi raja para Dewa. Dia mengambil Hera sebagai istrinya. Poseidon sebagai Dewa penguasa laut dan Hades sebagai penguasa alam bawah di Tartaros. Para Dewa beranak istris dan melahirkan dewa dewi yang kita kenal seperti Athena, Apollo, Ares, dll.
Sedangkan Gaia, ibu Bumi tetap menjaga anak2 dan keturunannya yaitu kita untuk selamanya...

2 komentar: