Selasa, 07 Agustus 2012

SUDHANA JATAKA

Sudhana dan manohara


Sudhana, pangeran dari kerajaan selatan, bagian dari negeri Pancala menolong Manohara putri dari raja kinnara dari utara. Sudhana kemudian menikahi Manohara dan membawanya ke kerajaan Selatan. Tak lama terjadi berbagai kekacauan di kerajaan selatan, Sudhana dengan bantuan para yaksha diperintahkan untuk menumpas pemberontakan yang terjadi.



Para menteri di kerajaan selatan menganggap kekacauan ini terjadi karena ulah Manohara. Dia dianggap sebagai pembawa sial, dan harus dikorbankan kepada para dewata agar kedamaian terjadi dikerajaan selatan. Selama ini kerajaan selatan dan utara selalu bermusuhan, kedatangan Manohara rupanya membawa kesialan bagi kerajaan selatan. Akhirnya oleh raja selatan, Manohara akan dikorbankan. Manohara yang sakti kemudian melarikan diri pulang ke kerajaan utara. Dihutan dia bertemu kembali dengan Sudhana.

Oleh Sudhana, Manohara diantar kembali kekerajaan utara. Sesampainya disana, Raja Kinnara sangat marah kepada Sudhana dengan tidak merestuinya sebagai menantu dan menantangnya beradu panahan. Karena Sudhana sangat mahir memanah, dia berhasil mengalahkan semua ksatria kerajaan utaradalam adu memanah. Kemudian raja Kinnara pun merestui hubungan mereka. Setelah itu Sudhana dan Manohara kembali ke kerajaan selatan dan menuntut keadilan atas tindakan keji ayahnya terhadap istrinya. Raja selatan yang merasa bersalah mengundurkan diri dari jabatannya dan menyerahkannya kepada Sudhana, demikian juga dengan raja kinnara, dia menyerahkan tahtanya kepada Sudhana. Dengan demikian Sudhana mempersatukan kedua kerajaan di negeri Pancala.

_______________________________________________________

Jataka adalah kisah2 klasik yang diceritakan oleh para bhiksu2 Buddha. Isi cerita jataka biasanya berupa fabel, dan mitologi. Kebanyakan berupa kisah2 penjelmaan pangeran Sidharta sebelum dia menjadi sang Buddha maupun kisah penjelmaan murid2nya. Di Indonesia, kisah2 tertua jataka bisa kita lihat di candi agung borobudur. Sudhana Jataka adalah kisah jataka tentang perjalanan Sudhana mencari kesempurnaan. Kisah Sudhana juga tercatat di Gandavyuha Sutra. Agak aneh juga, mengingat di versi China, Sudhana dikenal juga sebagai Sudhanakumara (Shancai Tongzi/ Hong Hai Er) pengawal dari Avalokitesvara yang digambarkan sebagai anak kecil

Ilustrated & Reteller by: Wang'ZW (Do not copy without my permission)

1 komentar:

  1. Gue kira Manohara dan pangeran Malingsia bro hehehehe
    nice info :D

    BalasHapus