Rabu, 22 Agustus 2012

Asal usul Naga Long/Liong 龙


Adalah makhluk mitologi china kuno yang sangat dihormati oleh orang China dan dianggap sebagai manisfestasi leluhur, hingga ada sebuah istilah "Long De Chuan Ren" yang berarti garis keturunan sang naga.


China kuno menganut kepercayaan shamanisme dan totemisme. Naga awalnya hanyalah lambang totem suatu suku Hua Xia dilembah sungai kuning. Cerita rakyat menceritakan bahwa Huang Di lah yang pertama kali menggunakan bentuk suatu hewan aneh sebagai totem sukunya sebagai lambang persatuan setelah dia mengalahkan Chi You dan menyatukan suku2 dilembah sungai kuning. Lambang yang dibuat oleh Huang Di yaitu suatu bentuk hewan aneh yang terdiri dari 9 ekor hewan yaitu bermoncong buaya, berkumis harimau, bermata kelinci, bertelinga kerbau, bertanduk rusa, berkaki rajawali, berbadan ular, berperut katak, dan berekor ikan. Setelahnya lambang totem ini dipuja oleh keturunan Huang Di dan rakyatnya. Awalnya perayaan perahu naga pada saat Duan Wu Jie (Pehcun/bakcang) dilakukan oleh orang2 kerajaan Yue越 yang memiliki totem naga, kemudian meluas keseluruh China.

Bentuk awal liong ternyata berbeda dari bentuk liong yang sekarang. Karena hanya sebagai lambang totem, bentuk liong pun menjadi tidak jelas. Kadang hanya berupa lambang ikan atau suatu bentuk aneh membentuk huruf C sampai lingkaran. Ada seseorang menulis buku tentang mitologi china mengatakan bentuk lama liong adalah seorang manusia dengan jubah panjang, tugasnya menjadi imam bagi kaisar. Pendapat ini juga belum diketahui pasti karena kurangnya bukti. Wujud Liong berubah ketika agama buddha masuk china. Kemungkinan mendapat pengaruh dari makara, makhluk mitologi india yang berkepala seperti gajah dengan badan buaya atau ular. Bentuk2 awal liong versi Buddha pada jaman dinasti Han mempunyai belalai gajah seperti makara. Kemudian bentuknya berubah lagi menjadi seperti sekarang.

Banyak kisah mitologi tentang asal usul naga, antara lain:
-FuXi dan NiiWa adalah leluhur pertama orang China. Niiwa dewi kuno yang menciptakan manusia dan menambal langit sedangkan Fu Xi adalah kepala suku Hua Xia pertama yang mengajarkan rakyatnya mencari makan dengan menangkap ikan dan berburu. Keduanya kadang digambarkan berekor ular/ikan. Jadi mereka adalah liong pertama
-Kisah Huang Di yang telah diceritakan diatas
-Ikan tambera melompati gerbang naga. Kisah Yu Agung
lihat sini

Reteller by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar