Rabu, 22 Agustus 2012

Cocoklogi Mitologi


Pangea, adalah suatu daratan besar dibumi, karena perubahan iklim, daratan mulai terpisah dan membentuk benua2 yang kita kenal sekarang. Maka tak jarang mitologi maupun budaya suatu bangsa memiliki suatu kemiripan dengan bangsa lainnya diujung dunia.


Ambil contoh,
Ada beberapa orang yang berusaha memaksakan kehendaknya mencocoklogi mitologi China dengan mitologi asia tengah, seperti menyamakan FuXi dengan Adam, NiiWa dengan Hawa, ShenNong dengan Nuh, San Huang Wu Di dianggap bukan orang Hua Xia asli melainkan pemimpin yang berasal dari mesopotamia atau bahkan orang yahudi. Ada seorang tokoh juga menganggap Niiwa sebagi Nuh.

Xuan Tong,seorang pengamat budaya tionghua membantahnya di
web.budaya-tionghoa.net

Seperti kata2 dari Kaze Niruchi, "berusaha menjaga keaslian budayanya" aku pun kurang setuju dengan cocoklogi diatas. aku pernah liat di web (lupa, dah aku cari2 lagi ga dapet, pas lagi cari info ttg Tao Tie), ternyata ada persamaan budaya antara bangsa China kuno dengan bangsa Indian maya (kalo ga salah). Menurutku hal ini malah lebih cocok, mengingat orang indian adalah keturunan dari orang2 ras mongoloid dari asia. Kepercayaan lama orang China kuno adalah shamanisme dan totemisme, sama seperti orang indian. Berbeda dengan kepercayaan orang2 di asia tengah yang mempopulerkan agama langitnya. Contoh totemisme China antara lain, Fu Xi dan Nu Wa, leluhur orang Hua Xia digambarkan berekor ikan naga. Lambang totem milik Huang Di adalah naga (long), makhluk karangan yang terdiri dari 9 ekor hewan totem suku2 Hua Xia. Pan Gu Shi, Shen Nong, Chi You digambarkan bertanduk, bukti mereka mengambil simbol hewan sebagai wujud mereka.

Bagaimana menurut kalian?

By: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar