Senin, 28 Juni 2010

Persahabatan Tri Dharma

Tri Dharma mengacu pada 3 ajaran yaitu Budhisme, Taoisme dan Konfusianisme/ Ruisme, ada sebuah kisah menarik tentang persahabatan dan kerukunan diantara ke3 umat agama tersebut:
Hui Yuan(334-416), seorang Bhiksu yang dihormati dan berpengaruh pada masa dinasti selatan suka hidup menyepi di gunung LuShan. Dia memiliki kebiasaan yaitu tidak akan mengantar tamunya sampai jembatan sungai kecil dekat rumahnya, karena bila dia sampai melintasi jembatan tersebut secara misterius seekor harimau muncul dan mengaum untuk memperingatkannya.
Suatu ketika Lu Xiu Jing(406-477) seorang Taois datang berkunjung bersama temannya seorang sastrawan terkenal yang menganut Ruisme(Kongfusianisme) Tao Yuan Ming (365–427). Mereka bertiga ternyata sangat cocok. Karena keasyikan mengobrol, ketika Hui Yuan akan mengantar tamu2nya melintasi jembatan harimau tersebut muncul dan memperingatkannya. Harimau tersebut berkali2 mengaum dan mereka bertiga rupanya terlalu asyik mengobrol sembari tertawa.
Dari cerita ini bisa dilihat bahwa Budhisme, Taoisme maupun Konfusianisme/ Ruisme ternyata dapat hidup rukun tanpa pemusuhan...

Pendapat pribadi
Alangkah senangnya bila kini ke3 agama ini bisa tetap rukun, ngga ada yang namanya saling menghina dan mencela... Apa jadinya klenteng kalau didalamnya ke3 agama tersebut ngga rukun?

Reteller by: Wang'ZW

3 komentar:

  1. mantap bro...
    setuju, setuju....
    karena pada dasrnya semua agama punya 1 tujuan dan g perlu saling mencela cra atau jalan agama lain

    BalasHapus