Sabtu, 02 November 2013

Hong Gil Dong, Robin Hood dari Korea




Hong Gil Dong 洪吉童/홍길동 adalah tokoh legenda masyarakat korea. Kisahnya berasal dari buku Hong Gil dong Jeon 洪吉童傳/홍길동전 (Kisah Hong Gil Dong).
Hong Gil Dong adalah anak dari seorang gundik seorang bangsawan. Karena latar belakangnya ini dia tidak diperbolehkan memanggil kata 'ayah' kepada ayah kandungnya dan dilarang berdoa kepada leluhur ayahnya. Kemudian Hong Gil Dong pergi merantau, merampok orang2 kaya dan para bangsawan, kemudian membagikan harta curiannya kepada rakyat. Ketika itu seorang tuan tanah yang kejam menculik ibu Hong Gil Dong yang meminta agar Hong Gil Dong menyerahkan diri.

Hong Gil Dong kemudian pergi ke sawah, mengambil setangkai padi dan melemparkannya ke udara. padi2 itu berubah menjadi duplikat2 Hong Gil Dong. Kemudian duplikat2 Hong Gil Dong pergi menemui tuan tanah itu. Tuan tanah yang bingung memutuskan membakar Hong Gil Dong2 palsu tadi, karena terbuat dari padi, dengan cepat Hong Gil Dong palsu terbakar, kemudian Hong Gil Dong palsu berlarian kesana kemari sambil membakar istana milik tuan tanah. Hong Gil Dong yang asli diam2 menolong ibunya dan kemudian menghukum tuan tanah yang kejam tadi.


Ilustrated & Reteller by: Wang'ZW (Do not copy without my permission)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar