Minggu, 25 Maret 2012

Divina Comedy / Divina Commedia



Divina Comedy (italia :Divina Commedia) ditulis oleh Dante Alighieri seorang sastrawan dari Italia. Buku puisi ini berkisah tentang perjalanan spiriyual Dante Alighieri dengan ditemani Virgil, roh sastrawan pada zaman romawi mereka berjalan-jalan menuju neraka dan surga, Suasana alam dunia bawah menurut Dante hampir berdasarkan dari mitologi Yunani, yaitu dengan adanya Charon si pengantar orang mati dengan kapalnya, maupun para hakim neraka seperti raja Minos, tak lupa juga Kerberos anjing berkepala tiga yang menjaga istana Hades yang disini diibaratkan Lucifer (padahal Hades ≠ Lucifer / Satan). Jenis / kelas neraka dibagi menjadi 7 (seven deadly sins) tingkat lingkaran, yaitu :
Lust (Luxuria)-Nafsu
Gluttony (Gula)-Rakus
Greed (Avaritia)-Kikir
Sloth (Socordia)-malas
Wrath (Ira)-kemarahan
Envy (Invidia)-iri hati
Pride (Superbia)-kebanggaan

sebelum masuk kelingkar pertama ada sebuah tempat yang bernama limbo. Limbo (bahasa Latin: limbo; arti: pinggir) adalah tempat atau keadaan orang mati yang tidak masuk surga atau pun neraka.Ajaran mengenai Limbo didasarkan pada ajaran Gereja Katolik Roma.Orang-orang berada di Limbo dikatakan sedang menunggu di pinggir surga atau neraka.Orang saleh menunggu di sana hingga kedatangan Kristus yang kedua kalinya.
Pandangan Augustine bahwa orang yang meninggal di dalam dosa asalnya adalah terkutuk.Hal ini menjadi tekanan bagi umat Kristen saat itu.Pada abad ke-13, beberapa teolog mengajukan ide mengenai Limbo, yang merupakan tempat di bawah bumi untuk menampung orang-orang yang meninggal, baik itu bayi yang baru lahir hingga orang dewasa yang belum dibaptis.Di Limbo, mereka tidak menderita dan tidak mendapat belas kasih serta kemuliaan dari Tuhan. Limbo berada dilingkaran pertama neraka diantara sungai Acheron, Sebelum tempat penghakiman oleh raja Minos
http://id.wikipedia.org/wiki/Limbo



Untuk kalian yang tertarik membaca puisi kisah Dante tersebut, bisa link menuju e-book disini :

http://books.google.com/books?id=S9tytbCdeOEC&printsec=frontcover&dq=Dante &source=bl&ots=5CUSD-MWNB&sig=QOXr5Utc4otwUlA6QAFYHPe5Cbk&hl=en&ei=37CJ S9DdA82HkQX5woSPDw&sa=X&oi=book_result&ct=result&r esnum=8&ved=0CCgQ6AEwBw#v=onepage&q=&f=false


Kisah Divina Commedia ini nantinya diadaptasikan dalam permainan game Dante's Inferno,ada film animasinya juga. Dimana Dante, seorang mantan ksatria templar melarikan diri dari perang untuk pulang bertemu kekasihnya, namun sayang setelah pulang dia menemukan kekasihnya dan ayahnya telah tewas terbunuh. Disaat kesedihannya muncul Satan yang membawa kekasihnya ke dasar neraka. Dante yang sangay mencintai kekasihnya mengejar mereka hingga kedasar neraka. Disitu dia bertemu dengan Virgil yang menuntunnya kelingkar paling dalam untuk berhadapan dengan Satan. Selain menyelamatkan kekasihnya Dante pun belajar memahami dosa-dosa yang pernah ia perbuat.

Kisah Dante Alighieri dalam Divine Comedy juga hadir dalam bentuk manga ante Shinkyoku(dalam bahasa inggris), kalian bisa membacanya di :
http://mangafox.me/manga/dante_shinkyoku/
chapter 1 http://mangafox.me/manga/dante_shinkyoku/v01/c001/1.html

Reteller by: Wang'ZW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar